SUARA INDONESIA

Puluhan Hektar Jagung Keerom Usai Dipanen

Mustakim Ali - 26 September 2023 | 07:09 - Dibaca 727 kali
Advertorial Puluhan Hektar Jagung Keerom Usai Dipanen
Plt. Kadis Pertanian Keerom, Rasdy Siswoyo.

SUARA INDONESIA, KEEROM - Dinas Pertanian Kabupaten sebagai OPD teknis dalam pengelolaan lahan jagung Food Eastet di Kampung Wambes mengakui ada 35 hektar lahan yang sudah dipanen.

"Ada 35 hektar yang kita baru panen. Hasil masing-masing hektar bervariasi ada yang 6-7 ton satu hektar, ada juga 3-5 ton saja tiap hektarnya," ujar Kadia Pertanian Keerom, Rasdy Siswoyo, Senin (25/9/2023).

Menurut Rasdy, penyebab hasil panen di beberapa zona lahan jagung ini diakibatkan oleh cuaca hujan yang belakangan ini intensitasnya sangat tinggi.

"Dari hasil dan kualitas jagung memang tidak semua kualitas bagus, karena waktu itu kita tanam saat cuaca hujan. Kalo hasil secara keseluruhan 35 hektar ini, jika dirata-rata 3 ton per hektar maka hasilnya kurang lebih 105 ton," terangnya.

"35 hektar lahan yang dimaksud berada di 6 zona yakni, zona 4 1/2 - zona 9," lanjutnya.

Rusdi juga menyampaikan bahwa, untuk pasar Pemkab sudah mendatang langsung di lahan jagung, tinggal yang menjadi PR besarnya adalah meningkatkan kualitas jagung yang dipanen.

"Kalo untuk pasar, sudah ada koperasi yang masuk juga. Untuk menunjang kualitas jagung, dianggaran APBD tahun 2023 ini kita sudah alokasikan untuk beberapa alat, slah satunya alat pengering jagung dan barangnya sedang dikirim," bebernya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV