SUARA INDONESIA

Jelang Nataru, Banyuwangi Gencar Operasi Pasar

Muhammad Nurul Yaqin - 06 December 2023 | 12:12 - Dibaca 1.39k kali
Ekbis Jelang Nataru, Banyuwangi Gencar Operasi Pasar
Pasar Murah di Terminal Pariwisata Terpadu, Kelurahan Sobo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Rabu (6/12/2023). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi gencar melaksanakan operasi pasar guna menstabilkan harga kebutuhan pokok. 

Langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan barang-barang pokok dan mencegah lonjakan harga yang merugikan masyarakat.

Operasi pasar ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskopumdag) hingga Bulog Banyuwangi.

Mereka bekerja sama untuk memastikan ketersediaan bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, dalam kondisi aman untuk kebutuhan masyarakat selama liburan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan Banyuwangi Nanin Oktaviantie berkata, operasi pasar digelar setiap hari hingga 29 Desember 2023.

“Operasi pasar masif kita digelar untuk menekan lonjakan harga kebutuhan pokok,” kata Nanin di sela-selas acara Pasar Murah di Terminal Pariwisata Terpadu, Kelurahan Sobo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Rabu (6/12/2023).

Operasi pasar ini, jelas dia, digelar secara bergantian di satu hingga dua titik setiap harinya. Catatan dinas, konsumsi masyarakat Banyuwangi meningkat lebih dari 50 persen saat moment-moment besar, seperti hari besar keagamaan.

"Pemkab Banyuwangi dalam satu bulan ini melakukan operasi pasar di 25 kecamatan. kami di-support Bulog," ucap Nanin.

Berbeda dengan operasi pasar, pasar murah di Terminal Pariwisata Terpadu diinisiasi Pemprov Jatim. Pasar murah menjual komoditas berupa beras medium dan premium, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur, hingga ikan kaleng. Komoditas dijual dengan harga yang lebih rendah dibanding harga pasaran.

Beras medium dijual seharga Rp 51 ribu per kemasan 5 kilogram. Beras premium dibandrol Rp 63 ribu dan Rp 66 ribu per kg untuk ukuran kemasan yang sama.

Sementara minyak goreng dijual Rp 14 ribu per liter. Gula pasir dipatok seharga Rp 14 ribu per kg.

Pasar murah itu akan berlangsung dua hari, yakni hingga Kamis (7/12/2023). Sementara operasi pasar bakal berlangsung hingga menjelang pergantian tahun.

Komoditas yang dijual di pasar murah, antara lain, beras, minyak goreng, gula, dan tepung terigu. Harga yang dipatok sama dengan yang dijual di pasar murah.

"Kami gerojok barang-barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Supaya mereka tidak panik. Kami tambah stok untuk operasi pasar," cetusnya.

Pimpinan Cabang Bulog Banyuwangi Harisun menambahkan, pihaknya tak membatasi jumlah beras yang akan disediakan di tiap operasi pasar. Rata-rata jumlah beras yang terjual di tiap titik 2,5 ton per hari.

"Terakhir kami jadwal operasi pasar pada 29 Desember. Per titik kami jatah minimal 2,5 ton beras per hari. Kalau kurang, kami tambah," tutur Harisun.

Selain di tempat operasi pasar, Bulog juga menyuplai beras setiap hari di sembilan pasar tradisional. Pasar-pasar itu adalah tempat pemantauan inflasi di Banyuwangi.

Menurut Harisun, terdapat 144 pengecer beras yang disuplai setiap hari.

"Multiplier effect-nya tentu ada. Salah satunya, inflasi di Kabupaten Banyuwangi yang merupakan terendah di Indonesia," ujarnya.

Harisun mengatakan, stok beras di Kabupaten Banyuwangi mencapai 10.200 ton. Jumlah itu mencukupi untuk ketahanan pangan hingga lima bulan ke depan. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV