SUARA INDONESIA

18 Warga di Banyuwangi Terima Bantuan Rumah Layak Huni dari BAZNAS

Muhammad Nurul Yaqin - 04 March 2024 | 18:03 - Dibaca 926 kali
Ekbis 18 Warga di Banyuwangi Terima Bantuan Rumah Layak Huni dari BAZNAS
Simbolis penyerahan bantuan rumah layak huni kepada Sutiyah (60), salah satu penerima manfaat di Banyuwangi.

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Sebanyak 18 warga di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, sumringah. Mereka mendapat bantuan rumah layak huni dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Belasan warga yang mendapat bantuan ini seluruhnya warga kurang mampu. Kondisi rumah mereka sudah tidak layak huni, sehingga BAZNAS hadir untuk mereka yang membutuhkan.

Program rumah layak huni tersebut BAZNAS bekerjasama dengan PT Capital Life Syariah. Pemkab Banyuwangi sebagai pemangku wilayah turut memberikan dukungan.

Program ini merupakan bagian penyaluran bantuan dari Zakat Perusahaan PT Capital Life Syariah tahun 2023, yang disalurkan kepada BAZNAS pada 23 November 2023 sebesar Rp. 552,784,755,-.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diselenggarakan di rumah Sutiyah (60), salah satu penerima manfaat, berada di Dusun Malar, Kelutahan Macan Putih, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Senin (4/3/2024). 

Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan dan Umum Kol. (Purn) Drs. Nur Chamdani, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, serta Direktur Utama PT Capital Life Syariah Fitri Hartati, SE, AAIJ. 

Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Kol. (Purn) Drs. Nur Chamdani mengatakan, kerja sama antara BAZNAS dan PT Capital Life Syariah menunjukkan komitmen bersama untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat yang membutuhkan, serta memberikan contoh nyata dari implementasi zakat perusahaan yang berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.

"Rumah Layak Huni ini tidak hanya memberikan tempat tinggal yang layak bagi penerima manfaat, tetapi juga memberikan perasaan aman dan nyaman bagi mereka yang sebelumnya tinggal di rumah yang tidak layak huni," kata Nur Chamdani.

Menurutnya, program ini juga memberikan dorongan positif bagi perekonomian lokal, karena melibatkan tenaga kerja lokal dalam proses pembangunan rumah dan menghasilkan dampak multiplier bagi bisnis dan usaha lokal di sekitar area proyek.

"Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan mendorong lebih banyak pihak untuk terlibat dalam kegiatan amal dan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Capital Life Syariah, Fitri Hartati, SE, AAIJ, mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Capital Life Syariah terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan sosial dan ekonomi di Indonesia, dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariah. 

"Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Banyuwangi dan membantu mengurangi tingkat kemiskinan serta meningkatkan kualitas hidup mereka," kata Fitri.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani memberikan apresiasi kepada BAZNAS RI dan PT Capital Life Syariah atas bantuan yang diberikan sebagai upya  bersama membantu masyarakat Banyuwangi.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terus bersinergi, yang bersama-sama, bergotong royong membantu warga Banyuwangi," ujarnya.

Ia berpesan agar program ini jangan sekadar menyediakan rumah layak huni. Namun juga harus diperhatikan sirkulasi udara dan air bersihnya. 

“Agar masyarakat tak hanya nyaman namun juga lebih sehat tinggal di rumah barunya," tandas Bupati Ipuk.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV