SUARA INDONESIA

Hebat! Guru Asal Desa Samudra Kulon, Banyumas ini, Siswanya Pelanggan Juara

Redaksi - 25 May 2023 | 18:05 - Dibaca 1.39k kali
Features Hebat! Guru Asal Desa Samudra Kulon, Banyumas ini, Siswanya Pelanggan Juara
Guru Asal Desa Samudra Kulon, Alipi Sukmawati Wardani (Foto : Nanang/suaraindonesia.co.id)

BANYUMAS - Banyak guru berpotensi yang seringkali tersembunyi dan tak diketahui banyak publik karena keberadaannya yang jauh di desa terpencil. Seperti guru asal Desa Samudra Kulon, Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini. 

Belakangan banyak dibicarakan karena potensinya yang kreatif menciptakan anak anak didiknya berprestasi.

Guru perempuan bernama Alipi Sukmawati Wardani (46) ini berprinsip, bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. 

Berbekal keyakinan itulah guru sekolah dasar (SD) di sebuah desa Samudra Kulon Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas ini selalu sukses membawa siswanya dalam setiap lomba. 

Lokasi sekolah yang berada di pegunungan, tidak menjadikan halangan baginya untuk minder saat bertanding dengan anak anak kota.

Perempuan yang dikenal sebagai guru 'pelanggan juara' ini berhasil membawa nama harum sekolah dan daerahnya. Tak hanya di tingkat Kabupaten, beberapa lomba yang diikuti siswanya berhasil menyabet juara tingkat Provinsi.

Bahkan saat menjadi guru SD Karangklesem Pekuncen, sekolah almamater Bupati Banyumas, Achmad Husein ini selalu menjadi juara umum semua jenis lomba di tingkat Kecamatan.

Menurut guru yang juga aktif di tim relawan ABK Kabupaten Banyumas ini, profesi yang dijalaninya merupakan amanah yang harus dilakukan dengan ikhlas. 

"Setiap memulai bekerja, jangan terlalu berpikir untuk menjadi yang terbaik, tapi berpikirlah untuk melakukan yang terbaik, agar menjadi yang terbaik," ujar guru yang sekarang mengajar di kelas 1 SDN 1 Samudra Kulon Kecamatan Gumelar ini.

Kemampuannya menjadikan siswa berprestasi, khususnya di bidang seni ternyata tak jauh dari latar belakangnya yang pernah menggeluti dunia teater bersama Teater Gethek Ajibarang.

Beberapa lomba yang dibina dan membuat siswanya berhasil meraih juara seperti, Lomba Media Kreatif Film Pendek yang diselenggarakan PGRI Banyumas Tahun 2022, juara lomba geguritan tingkat Provinsi, hingga siswanya meraih Penulis Muda Terpotensial Tahun 2021.

Bahkan Lomba Film Dokumenter yang disutradarainya dalam rangka Hari Koperasi yang diselenggarakan Disperindagkop Banyumas mewakili KPRI Guyub Rukun Gumelar tahun 2022 dan meraih juara 1. Lomba ini melibatkan pemain para guru pengurus koperasi.

Guru yang menjadi pengisi acara Satu Jam Siaran Pendidikan di RRI Pro 3 FM ini, siswanya menjadi pelanggan juara lomba Pantomim tingkat Kabupaten.

"Alhamdulilah beberapa waktu lalu siswa kami menjadi, juara 2 mendongeng bahasa daerah, dan saat itu makin meriah karena pak Bupati ikut tampil," ucap Alipi, sapaan akrab wanita yang merupakan aktivis relawan guru tanggap Covid-19.

Wanita dengan dua anak ini mengatakan, guru merupakan profesi yang mulia,karena itu ia berharap bisa menelorkan anak-anak yang berhati mulia pula. 

"Kita harus meyakini bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Maka berusahalah dengan sebaik-baiknya," tandas Alipi.

Sementara, seorang guru senior di Gumelar, Dwiyanto, mengakui, Alipi Sukmawati yang baru dua tahun lebih pindah ke Gumelar, bisa membawa nama Gumelar diperhitungkan.  

"Kami benar -benar diuntungkan dengan kehadiran Bu Alipi, soal lomba-lomba, kami makin termotivasi untuk menjadikan Gumelar selalu diperhitungkan," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV