SUARA INDONESIA

DinKes Sampang sosialisasikan 3M demi cegah DBD dan Covid-19

- 01 December 2020 | 20:12 - Dibaca 901 kali
Kesehatan DinKes Sampang sosialisasikan 3M demi cegah DBD dan Covid-19
Foto: Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, saat melakukan sosialisasi dan membagikan masker.

SAMPANG- Dalam mencegah bertambahnya DBD dan Covid-19, guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya Demam Berdarah atau virus Dengue (DBD), serta Pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sampang, Dinas Kesehatan (Dinkes) gencarkan sosialisasi Penyuluhan Kesehatan DBD dan Covid-19, yang akan dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas yang ada di sampang, Senin, (30/11/2020). 

Pembagian obat dan masker tersebut dibagikan secara langsung kepada masyarakat secara gratis, dimana pembagiannya secara Turba atau Turun Kebawah serta para petugas mengajak untuk meningkatkan kesadaran Kesehatan terhadap masyarakat yang di hadiri oleh segenap petugas DinKes Sampang, Petugas kesehatan Jrengik, Unsur Pemerintah Desa Bancelok dan Tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan yang di promotori seksi Kesehatan (PromKes) dan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), para petugas kesehatan memberikan Obat Abate dan Masker ke Masyarakat pelosok desa dan beberapa tempat keramaian terdekat Pusat Kesehatan (Puskesmas).

Secara simbolis, kegiatan tersebut dimulai di Jalan raya depan Puskesmas Kecamatan Jrengik, Desa Bancelok Kec. Jrengik, dan Jalan raya Monumen Sampang, yang secara total akan di laksanakan oleh 21 Puskesmas yang ada di Sampang.

Disampaikan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi menuturkan, “program ini sebagai bentuk responsif Pemerintah Sampang, melalui Dinkes untuk melayani dan melindungi Masyarakat Sampang”, ungkapnya

Program tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Jrengik dan Aparatur Desa Bancelok, selanjutnya akan dilaksanakan di seluruh Puskesmas se_Kabupaten Sampang, dimana Desa Bancelok terdapat posko Kampung Tangguh yang secara tidak langsung, menjadi perhatian dan contoh bagi desa-desa lainnya di Kecamatan Jrengik dan Kecamatan lainnya se-Kabupaten Sampang.

Ditambahkan Agus, pihaknya berharap, “dengan program petugas turun dan menyapa langsung kepada masyarakat ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Sampang dalam upaya mengendalikan dan mencegah penularan virus dengue (DBD) dan Covid-19, antaranya dengan cara 3M. Dimana dengan 3M dapat mencegah DBD dan Covid-19," jelasnya.

“Namu cara 3M tersebut memiliki perbedaan antara mencegah DBD dan Covid-19. Untuk mencegah DBD, 3M yang dimaksud adalah Menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan / mendaur ulang barang bekas, Sedangkan untuk mencegah Covid-19, 3M yang dimaksud adalah menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," terangnya

Perlu diketahui, DBD di Sampang termasuk Kabupaten tertinggi di Jawa Timur, sedangkan Kecamatan dan Desa dengan jumlah penderita cukup tinggi di Kabupaten Sampang, yaitu Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Sampang. (HID)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV