SUARA INDONESIA

Pemkab Cilacap Cegah Warga Terkena Stunting

Satria Galih Saputra - 08 August 2023 | 20:08 - Dibaca 717 kali
News Pemkab Cilacap Cegah Warga Terkena Stunting
Pj. Bupati memberikan pengarahan kepada warga di Kecamatan Bantarsari (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Pj. Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar meminta warga masyarakat agar mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hal ini guna mencegah stunting. 

"Makanan gizi seimbang yang dimaksud adalah 4 sehat 5 sempurna diantaranya lauk pauk seperti tempe, daging, ikan dan lainnya. Kemudian sayur-sayuran, buah dan susu," ungkap Pj. Bupati Cilacap Yunita saat melakukan pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) di Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Selasa (08/08/2023). 

Di samping itu, kata Yunita, peran ibu juga dipandang vital dan penting agar tumbuh kembang anggota keluarga dapat optimal dan terhindar dari stunting. 

"Salah satu upaya yang kita lakukan untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Cilacap yaitu melalui program Kancing Merah (Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah), dan sudah berjalan," katanya. 

"Kalau stunting bisa ditekan, besar kemungkinan angka kemiskinan juga bisa ditekan. Dalam hal ini tentu dibutuhkan peran aktif semua pihak,” sambungnya.

Pemkab Cilacap sendiri saat ini sedang fokus dalam bidang kesehatan yakni penurunan angka stunting, disamping pengentasan kemiskinan ekstrem dan infrastruktur. 

Sedangkan target di tahun 2024 mendatang, angka stunting di Kabupaten Cilacap turun di angka 14 persen. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat menyatakan, bahwa angka stunting di Kabupaten Cilacap menunjukkan tren yang baik, dilihat dari signifikansi perubahan gerakan intervensi penurunan angka stunting. 

"Gerakannya nyata. Trennya juga baik. Semoga angka stunting di Kabupaten Cilacap di 2024 nanti bisa menjadi nol, ini harapan kita semua," ujar Taufik. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV