SUARA INDONESIA

900 Ribu Pemilih Pemula di Kabupaten Blitar Telah Lakukan Rekam e-KTP

Arik Susanto - 12 August 2023 | 12:08 - Dibaca 733 kali
News 900 Ribu Pemilih Pemula di Kabupaten Blitar Telah Lakukan Rekam e-KTP
Perekaman e-KTP. (Foto: Susanto/Suaraindonesia.co.id)

BLITAR, Suaraindonesia.co.id - Sekitar 900 ribu pemilih pemula di Kabupaten Blitar dengan status mayoritas pelajar, siap menyalurkan hak suaranya pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. 

Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Adi Sulaksono mengatakan, target perekaman e-KTP dilakukan kepada 1 juta pemilih pemula yang saat ini telah terealisasi sebanyak 900 ribu. 

"Pelaksanaan perekaman e-KTP dilakukan dengan cara jemput bola ke masing-masing sekolah tingkat SMA/SMK. Jadi, data yang direkam dikirim ke pusat untuk diverifikasi, baru kemudian bisa dilakukan pencetakan,” ungkapnya kepada Suara Indonesia, Sabtu (12/08/2023).

Menurut Adi, pelaksanaan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula di Kabupaten Blitar berjalan lancar dan tergolong cepat. Karena di lapangan tidak ditemukan kendala berarti. 

Rata rata, para pelajar memiliki ponsel pintar dan bisa menguasai android. Hal itu memudahkan para petugas Dispendukcapil melakukan perekaman e-KTP atau pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Lancar ya selama ini, karena rata-rata pelajar ini kan punya HP Android. Jadi cukup membantu kami dan mempercepat prosesnya," ucapnya.

Sebagai informasi, kegiatan perekaman e-KTP di Kabupaten Blitar untuk pemilih pemula sudah dilakukan sejak tahun 2022 lalu. Petugas Dispendukcapil melakukan blusukan atau jemput bola ke setiap sekolah tingkat SMA/SMK. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV