SUARA INDONESIA

Tanpa ADD, Masyarakat Kepulauan Sampang Gali Embung Setiap Tahun Untuk Atasi Kekeringan

Hoirur Rosikin - 12 September 2023 | 13:09 - Dibaca 744 kali
News Tanpa ADD, Masyarakat Kepulauan Sampang Gali Embung Setiap Tahun Untuk Atasi Kekeringan
Saat Masyarakat melakukan gotong royong (Foto; Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id)

SAMPANG, Suaraindonesia.co.id - Musim kemaren panjang ditahun 2023, masyarakat kepulauan Desa Marparan, Dusun Sora'an, yang dikelingi sungai menggali embung agar lebih dalam. Hal itu bertujuan untuk menambah daya tampung air hujan.

Asro (45) mengatakan, penggalian embung memang setiap tahun dilakukan, agar embung lebih dalam, dan disaat musim hujan air bisa lebih banyak ditampung.

"Ketika kita gali terus setiap musim kemarau, pasti daya tampung embung lebih banyak ketika menampung air di musim hujan," jelasnya, Selasa (12/09/023).

Ia juga menuturkan, kegiatan penggalian tersebut, memang setiap tahun dilakukan dengan cara swadaya masyarakat bersama-sama. Melihat setiap tahun kebutuhan air di saat musim kemarau bertambah.

"Kerena kalau musim kemarau pasti masyarakat ambil air kesini, tapi di bulan september 2023 ini air wes habis dan embung sudah kering, sehingga kesempatan kami untuk menggali lagi lebih dalam," terangnya.

Sementara itu, Aswar (53) juga menjelaskan, swadaya tersebut tanpa Anggaran Dana Desa, pihaknya melakukan secara gotong royong dan sukarela.

"Masyarakat disini memang kalau musim kemarau, sangat kekurangan air, melihat sumber mata air yang minim. walah ada, pastinya airnya agak asin," tuturnya.

Terpisah, PJ Kepala Desa Marparan, saat dikonfrimasi melalui via whatsapp dan telpon, tidak memberikan respon hingga berita ini terbit. (ros/amb)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV