SUARA INDONESIA

Enam Cabang Perwakilan Kafilah Sumenep Sukses Raih Juara di MTQ Jatim 2023

Wildan Mukhlishah Sy - 08 October 2023 | 11:10 - Dibaca 1.92k kali
News Enam Cabang Perwakilan Kafilah Sumenep Sukses Raih Juara di MTQ Jatim 2023
Sejumlah peserta MTQ Jatim dari kafilah Sumenep. (Foto: Kamiluddin untuk Suara Indonesia)

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Enam cabang lomba perwakilan dari kafilah Kabupaten Sumenep, sukses lolos final dan meraih gelar juara, dalam pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran Jawa Timur (MTQ Jatim) 2023, yang diadakan di Kota Pasuruan. 

Cabang lomba yang meraih juara itu antara lain, juara 1 Tilawah Dewasa Putra, atas nama Abdul Jalil. Kemudian Hairur Rafiki sebagai Juara 2 Qiraat Sab'ah Murattal Dewasa dan Dina Maya Shafa, yang juga menyabet juara 2 cabang Tilawah Anak-anak Putri. 

Selanjutnya dari cabang Musabaqoh Fahmi Quran (MFQ) Putra yang berhasil meraih juara 2, dengan perwakilan A Syukron Khairul Anwar Syuaidi, Ach. Hariri dan Mirza Ghulam. 

Sementara MFQ Putri dengan peserta atas nama Wafiqatun Nuraniyyah, Nur Diana Alisa Rahma dan Fitriyah Hanun, juga diketahui mendapatkan posisi di juara kedua. 

Tak hanya itu, Izzah Atqan Nisa' Zaen dari cabang Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) juga berhasil berada di harapan 2. Terakhir, ada Moh Fadlurrahman Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) mendapatkan harapan 3.

Atas raihan tersebut, Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Pemkab Sumenep Kamiluddin menyampaikan apresiasinya.

Dia menyatakan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras semua pihak, baik Pemkab Sumenep maupun pembina, yang telah berperan aktif dari sejak seleksi kabupaten, hingga pendampingan lomba di Kota Pasuruan. 

Selain itu, kata dia, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para peserta MTQ, tentunya juga sangat menentukan keberhasilan kali ini. 

Menurutnya, persiapan secara lahir dan batin telah dilakukan oleh kafilah Sumenep dalam menghadapi MTQ Jatim 2023. Seperti pembinaan, istighosah dan beberapa hal lain guna meminta pertolongan, serta semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati, karena telah mendukung penuh seluruh tahap pelaksanaan MTQ ini, tentunya juga kepada para pembina dan peserta. Saya rasa semua hal itu saling mendukung satu sama lain, adanya anggaran, sistem pembinaan dan kualitas SDM. Semuanya saling berkesinambungan," ungkapnya kepada suaraindonesia.co.id, Minggu (08/10/2023). 

Kamil menambahkan, untuk perolehan juara MTQ tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. 

Untuk itu, ke depan pihaknya berkomitmen akan terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih tersebut. 

Salah satunya, dengan melakukan tahapan seleksi lebih ketat, guna mendapatkan bibit-bibit peserta MTQ berkualitas, yang siap bertanding baik secara mental maupun intelektual. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya kembali menekankan bahwa MTQ tidak hanya sekadar perlombaan semata, namun juga harus dijadikan sarana menumbuhkan dan menyebarluaskan kecintaan terhadap Al-Qur'an. 

"Semoga ke depan Sumenep bisa terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang didapatkan. Tentunya, ini bukan sekadar lomba, tapi juga menjadi cara agar kita bisa menyebarluaskan kecintaan terhadap Quran, sehingga bisa mendapatkan barokahnya," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV