SUARA INDONESIA

Empuk dan Gurih, Olahan Bebek Ungkep di Jombang Banyak Diburu Pembeli

Gono Dwi Santoso - 11 October 2023 | 10:10 - Dibaca 10.80k kali
News Empuk dan Gurih, Olahan Bebek Ungkep  di Jombang Banyak Diburu Pembeli
Sulistyowati saat melakukan proses pembuatan bebek ungkep di Desa Rejosopinggir, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id- Bagi yang suka olahan daging bebek, tidak ada salahnya mencoba olahan bebek ungkep produksi rumahan di Desa Rejosopinggir, Kecamatan Tembelang,  Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di samping harganya yang terjangkau, bebek ungkep ini juga banyak diburu pembeli hingga Jakarta.

Sulistyowati, pemilik usaha bebek ungkep Meri Rejeki, mengatakan, usaha ini digelutinya sejak 2015 lalu yang dibantu lima orang. Perempuan 47 tahun ini mengaku, bahan dasar yang digunakan merupakan daging bebek dan bumbu rempah pilihan.

"Untuk bahan baku bebek ungkep ambil fresh dari kandang. Umur  45 hari sampai 50  terus dipotong. Selanjutnya diproses untuk  pembuatan bebek ungkep," terangnya.

Sulis menjelaskan, proses pembuatannya harus teliti. Dimulai dari memotong bebek, lalu diberi bumbu rempah pilihan. Kemudian dimasukan ke panci besar untuk diungkep. Agar bumbu meresap sempurna, butuh waktu sekitar tiga jam.

"Setelah diungkep, bebek kemudian dikemas lalu masuk freezer untuk  dijual ke pelanggan," paparnya.

Sulis menambahkan, produksi bebek ungkep buatannya berkisar 60 ekor per hari. Harganya terjangkau kisaran Rp  50 - 60 ribu untuk bebek beku utuh beserta isinya.

"Pemasarannya sekitar Kabupaten Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo. Untuk yang luar kota ada Jakarta sama Yogyakarta. Biasanya kirim lewat paket," ujarnya.

Pembeli bebek ungkep, Ika Intan (35) mengatakan, membeli bebek ungkep di sini simpel dan praktis. Tidak usah ribet, langsung goreng sudah jadi lauk untuk keluarga di rumah.

"Disamping harganya terjangkau, rasanya enak dan dagingnya juga empuk. Rasa daging gurih, bikin nagih kalau makan bebek ungkep ini," tutur perempuan, warga Jombang tersebut. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV