SUARA INDONESIA

Pemkab Jember Bersiap Hadapi El Nino dan Potensi Kekeringan

Redaksi - 05 July 2023 | 13:07 - Dibaca 1.05k kali
News Pemkab Jember Bersiap Hadapi El Nino dan Potensi Kekeringan
Muhammad Zuhdi perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) saat dikonfirmasi wartawan. (Foto: istimewa)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Naiknya Suhu Permukaan Laut (SML) di atas kondisi normal yang meningkatkan potensi kekeringan ekstrim atau El nino yang diprediksi terjadi hingga Oktober 2023 mendatang.

Sebagian besar memandang, bahwa kondisi itu menjadi permasalahan yang cukup serius. Tak terkecuali di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kekeringan ini diprediksi akan sangat berdampak pada sektor pertanian, salah satunya padi.  

Seperti diketahui bersama, beras menjadi salah satu komoditi penyumbang inflasi di Jember pada bulan Juni 2023 sebesar 0,68 persen.

“Meskipun menurut data belum terlalu signifikan dampaknya, tapi sektor pertanian diperkirakan paling terdampak,” ungkap Muhammad Zuhdi perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis (05/07/2023).

Sampai saat ini, kita ketahui bersama, beras masuk 10 besar penyumbang inflasi sampai bulan ini,” katanya. 

Hal itu, lanjut Zuhdi, akan didiskusikan lebih lanjut pada Forum Discussion Group (FGD) yang akan digelar Bappeda dengan menggandeng steakholder terkait agar mampu meminimalisir dampak el nino.

“Nantinya supaya dapat masukan dari para steakholder terkait, serta pemangku kebijakan, entah akan dibuatkan program rencana terhadap el nino atau semacamnya,” terangnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV