SUARA INDONESIA

Dukung Pemenuhan Gizi Protein Masyarakat Cilacap, Anggota Komisi IV DPR RI Golkar Beri Bantuan Bioflok

Satria Galih Saputra - 23 December 2023 | 20:12 - Dibaca 748 kali
News Dukung Pemenuhan Gizi Protein Masyarakat Cilacap, Anggota Komisi IV DPR RI Golkar Beri Bantuan Bioflok
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih saat meninjau bantuan bioflok milik kelompok tani, Mina Tani Sejahtera di Dusun Tambaksari, Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Puluhan kelompok tani di wilayah Kabupaten Cilacap mendapat bantuan berupa kolam bioflok untuk ikan lele dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih. 

Dalam kesempatannya, Legislator Golkar itu meninjau bantuan bioflok yang diterima oleh salah satu kelompok tani, Mina Tani Sejahtera di Dusun Tambaksari, Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari pada Sabtu (23/12/2023). 

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih mengatakan, bantuan kolam bioflok ini merupakan sarana untuk mendukung program pemenuhan gizi protein masyarakat, khususnya di Kabupaten Cilacap melalui budidaya ikan dengan sistem modern. 

"Jadi masyarakat yang tidak memiliki kolam, tanah luas bisa budidaya ikan tawar melalui bioflok ini. Manfaatnya selain pemenuhan gizi protein, juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya saat ditemui di sela-sela peninjauan. 

Teti mengklaim bantuan yang telah diberikan di tahun 2023 sebanyak 38 bioflok dengan sarana dan prasarana yang memadai. Masing-masing bernilai 200 juta, dan tersebar di beberapa Kecamatan seperti Patimuan, Cipari, Nusawungu dan lainnya. 

"Untuk sarpras nya 65 juta, kolam bioflok nya 25 juta, termasuk bibit, pakan ikan, dan ada pendampingan sampai panen pertama. Kalau sudah panen yang separo untuk beli bibit lagi dan separonya lagi untuk kesejahteraan kelompok," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua kelompok tani Mina Tani Sejahtera, Suyanto menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan. 

"Kami budidaya ikan jenis lele. Ada 8 kolam. 1 kolam berisi 2.500 bibit. Jadi totalnya 20.000 bibit. Ini sudah berjalan sejak 5 Oktober 2023, dan untuk masa panen tiga bulan. Alhamdulillah sudah panen," katanya. 

Suyanto menyebut, budidaya ikan lele ini sangatlah bermanfaat. "Jadi manfaatnya besar sekali, kandungan protein ikan lele sangat tinggi untuk dikonsumsi masyarakat sehingga dapat membantu untuk mengatasi stunting," ujarnya. 

"Mudah-mudahan kolam ini ke depan dapat berkembang. Kemarin yang sudah terjual 1 kwintal 66 kilogram. Untuk kendala nya di air, apalagi kalau musim kemarau karena kita pakai sumur, tapi sekarang sudah mulai hujan, jadi tidak terlalu sulit," tandasnya. 

Diketahui, Anggota Komisi IV DPR RI ini dalam kesempatan itu juga menyempatkan diri berkunjung ke Desa Bulaksari untuk menyerahkan bantuan motor roda tiga untuk kelompok tani lainnya. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV