SUARA INDONESIA

Stok Darah di Jombang Aman Jelang Akhir Tahun, Trombosit untuk Pasien Demam Berdarah Paling Banyak Dicari

Gono Dwi Santoso - 27 December 2023 | 10:12 - Dibaca 1.01k kali
News Stok Darah di Jombang Aman Jelang Akhir Tahun, Trombosit untuk Pasien Demam Berdarah Paling Banyak Dicari
Listiana Ningsih Kabag Mutu UTD PMI Jombang l, Jawa Timur, saat akan melakukan pemisahan darah trombosit di UTD PMI Jombang, Rabu (27/12/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Menjelang akhir tahun 2023, ketersediaan stok darah berbagai golongan di UTD PMI Jombang, Jawa Timur, masih mencukupi untuk kebutuhan rumah sakit di Jombang dan sekitarnya.

Penyataan tersebut disampaikan Listiana Ningsih, Kabag Mutu UTD PMI Jombang saat ditemui media terkait ketersediaan stok darah di UTD PMI Jombang, Rabu (27/12/2023).

Listiana menjelaskan, untuk stok darah di UTD PMI Jombang saat ini masih aman. Golongan darah A jumlahnya 290 kantong, golongan darah B sebanyak 460 kantong, golongan darah O sebanyak 247 dan golongan darah AB di UTD PMI Jombang sebanyak 93 kantong.

"Alhamdulillah stok untuk akhir tahun golongan darah di UTD PMI Jombang masih mencukupi, di samping UTD PMI Jombang melakukan jemput bola dengan donor darah di luar dan dilakukan di kantor PMI Jombang," terangnya.

Listiana mengatakan, untuk saat ini semua golongan darah yang ada di UTD PMI Jombang masih mencukupi kebutuhan di rumah sakit yang ada di Jombang maupun di luar daerah Jombang.

"Kebanyakan permintaan darah trombosit sel darah putih yang dibutuhkan pasien yang didiagnosa menderita demam berdarah," tambahnya.

Listiana menambahkan, di UTD PMI Jombang dalam satu hari bisa mendapatkan 50 kantong darah per-harinya baik di luar yang mengunakan mobil unit maupun di kantor sendiri untuk pelayanan donor darah.

"Setiap hari untuk menjaga stok darah agar aman kebutuhan darah di PMI Jombang, juga mengadakan kegiatan donor darah jumput bola baik ke instansi pemerintah maupun swasta serta lembaga lainnya," pungkasnya.(*).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV