SUARA INDONESIA

Gua Soekarno, Wisata Eksotis Bak Istana Megah di Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 21 January 2024 | 21:01 - Dibaca 671 kali
News Gua Soekarno, Wisata Eksotis Bak Istana Megah di Sumenep
Destinasi wisata Gua Soekarno di Sumenep. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, seperti tak ada habisnya menawarkan beragam pesona wisatanya pada para masyarakat lokal, hingga luar negeri. 

Kini, tak hanya wisata alam yang menjadi andalan kota berjuluk Bumi Sumekar tersebut, tetapi juga wisata buatannya. Yap, ada beberapa daerah di Sumenep yang berhasil disulap menjadi destinasi wisata dan mendulang banyak pengunjung. 

Salah satunya seperti wisata Gua Soekarno, yang ada di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep atau tepatnya sekitar satu setengah jam dari jantung kota. 

Wisata ini dapat pengunjung temui, setelah melewati hamparan ratusan pohon jati, yang berjejer rapi. Sesampainya di sana para wisatawan juga akan disapa dengan kicauan merdu burung-burung yang terbang silih berganti untuk hinggap di pohon-pohon tersebut. 

Saat tiba, pengunjung akan dibuat terpukau dengan pintu gua yang berdiri gagah dan siap untuk dijelajahi. Sebab destinasi wisata ini menyimpan banyak keunikan yang akan membuat wisatawan tak berhenti berdecak kagum. 

Saat memasuki pintu gua, pengunjung akan langsung disambut dengan pahatan-pahatan alami bebatuan di dinding gua, yang tercipta dari stalaktit dan stalagmit, yang sudah didesain dengan tambahan lampu berwarna cantik, tanpa menghilangkan kesan alam dari gua tersebut. 

Bak sebuah istana megah dengan hiasan kristal, estetika Gua Soekarno tak lagi dapat terbendung, karena ukiran dari batu alam di sana. Meski dengan corak yang abstrak, kesan unik gua eksotis ini tetap sampai di hati wisatawan. 

Ukuran Gua Soekarno terbilang cukup luas, dengan ruangan yang menawarkan beragam lokasi swafoto. Sehingga, pengunjung bisa mengabadikan momennya bersama dengan orang-orang terkasih. 

Tak lengkap rasanya, jika mengunjungi Gua Soekarno tanpa mengabadikan foto dengan patung presiden pertama Republik Indonesia yang terletak di sana. Yah, selain keindahannya yang luar biasa, gua ini juga memiliki museum mini untuk sarana edukasi yang berisi beberapa sejarah.

Setelah berkeliling ke sejumlah spot tadi, wisatawan bisa bersantai dan melepas penat, dengan nongkrong sambil menikmati live musik di cafe yang telah disediakan oleh pengelola. 

Sehingga, selain menikmati pemandangan dengan spot-spot estetik, pengunjung juga bisa memesan kuliner khas Kabupaten Sumenep, yang tentunya akan menggugah selera. 

Meski medan di dalam Gua Soekarno terbilang cukup menantang, namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena wisata yang digagas sejak tahun 2019 lalu itu, telah memiliki sejumlah lampu sorot dan pengelola juga menjamin keselamatan wisatawan. 

Tertarik ingin berkunjung ke Gua Soekarno, maka anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 15.000 untuk tiket masuk dan parkir kendaraan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV