SUARA INDONESIA

Keraton Sumenep Dibanjiri Ratusan Karya Lukis Maestro se- Jawa Timur

Wildan Mukhlishah Sy - 22 January 2024 | 15:01 - Dibaca 812 kali
News Keraton Sumenep Dibanjiri Ratusan Karya Lukis Maestro se- Jawa Timur
Pameran lukisan di Keraton Sumenep, Jawa Timur. (Foto: Taufik for Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Keraton Sumenep, Jawa Timur, dibanjiri dengan ratusan karya lukis dari maestro se Jawa Timur, Senin (22/01/2024). 

Hal itu merupakan pameran dan lelang karya lukis yang akan berlangsung selama empat hari ke depan. Terhitung mulai hari ini, Senin 22 Januari hingga Kamis 26 Januari 2024 mendatang. 

Acara ini merupakan serangkaian kegiatan dari Sumenep Calendar of Event 2024. Penyelenggara adalah perupa Sumenep bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Ketua Panitia Pameran dan Lelang Lukisan Sumenep Pentahelix Farid Wajdi mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh berbagai perupa di Jawa Timur. Jumlah total peserta keseluruhan sebanyak 600 orang.

“Ada yang dari lokal Madura, Trenggalek, Surabaya serta Kabupaten maupun Kota di Jatim lainnya,” katanya.

Dia mengatakan, bahwa pameran ini menjadi sebuah wadah bagi seluruh perupa di Jawa Timur, khususnya agar dapat mengeksplore hasil karya terbaiknya sehingga bisa dilihat langsung oleh masyarakat Sumenep.

Hasil lelang ini, nantinya akan diberikan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumenep sekitar 50 persen.

Bagi siapapun yang hendak melihat langsung kekayaan karya seni perupa Jatim ini, tidak perlu khawatir kantong akan bolong, karena penyelenggara tidak memungut biaya sepeserpun. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi mengapresiasi karya seni perupa Jawa Timur. Menurutnya, karya yang ditampilkan sangat bagus.

Diharapkan, tidak hanya untuk ditampilkan tetapi yang paling penting adalah mengekspose kelebihan perupa untuk kemudian ditularkan kepada para penerus khususnya siswa.

Apalagi Sumenep banyak potensi yang luar biasa untuk dituangkan dalam karya seni. Sehingga, masyarakat luar bahkan mancanegara mengetahui akan potensi tersebut.

“Semoga dengan kegiatan ini menjadi cikal bakal kebangkitan Sumenep pada sektor seni,” harap dia.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV