SUARA INDONESIA

Plh Gubernur Jawa Timur Pimpin Operasi Bersihkan Sungai dari Eceng Gondok di Waru Sidoarjo 

Amrizal Zulkarnain - 15 February 2024 | 18:02 - Dibaca 1.39k kali
News Plh Gubernur Jawa Timur Pimpin Operasi Bersihkan Sungai dari Eceng Gondok di Waru Sidoarjo 
Plh. Gubernur Jatim, Adhy Karyono, bersama stakeholder terkait saat mengunjungi lokasi banjir akibat tanaman enceng gondok di Kecamatan Waru, Sidoarjo. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Plh. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin langsung operasi pembersihan Sungai Kali Buntung dari tanaman eceng gondok. 

Langkah tersebut diambil untuk mengatasi banjir yang terus menerus melanda wilayah Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (15/2/2024).

Adhy menyatakan, eceng gondok menjadi faktor utama penyebab banjir di Waru Sidoarjo, karena menghalangi aliran sungai. 

"Dua titik utama telah dibersihkan menggunakan ekskavator, namun tantangan terbesar terletak di daerah Bungurasih yang masih dipenuhi eceng gondok," ungkapnya.

Dalam upaya pembersihan ini, kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, BPBD Provinsi Jawa Timur, Pemkab Sidoarjo, Dinas PU Bina Marga dan SDA Kabupaten Sidoarjo, serta Balai Besar Wilayah Sungai Brantas sangat diperlukan.

Ia menegaskan pentingnya normalisasi sungai dari tanaman liar ini untuk mengurangi risiko banjir di masa mendatang. 

Kendati demikian, saat di lapangan pihaknya menghadapi kesulitan akibat banyaknya bangunan warga di sekitar sungai, pembersihan ini diharapkan dapat memberikan solusi jangka panjang terhadap permasalahan banjir di Waru.

"Hal ini diperlukan kerja sama yang kuat, supaya dalam penanggulangan bencana ini semua resource dari pemangku kepentingan harus kita gunakan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV