SUARA INDONESIA

Diskoperindag Bondowoso Rakor Bersama TPID, Susun Program OPM saat Ramadhan

Bahrullah - 27 February 2024 | 08:02 - Dibaca 873 kali
News Diskoperindag Bondowoso Rakor Bersama TPID, Susun Program OPM saat Ramadhan
TPID melaksanakan Rapat Koordinasi membahas stabilitas harga pangan dan menyusun progran Opersasi Pasar Murah (OPM) (Foto: Bahrullah/suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA,BONDOWOSO-Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Kecamatan Klabang.

Rakor yang dihadiri Pj Sekretaris daerah (Sekda), Asisten 2, Camat, Perwakilan Polres, dan Manager Plant PT Charoen Pokphand Indonesia itu, Diskoperindag juga menyusun program penting berupa Operasi Pasar Murah (OPM) untuk stabilitas harga dan mencegah melonjak harga pangan pada saat bulan Ramadhan.

Program OPM nanti berupa sembako murah yang dipersiapkan saat bulan Ramadhan nanti. Program OPM ini bekerja sama dengan toko modern dan akan dilaksanakan di sejumlah titik kecamatan di Kabupaten Bondowoso.

Demikian disampaikan Sigit Purnomo, Kepala Diskoperindag Kabupaten Bondowoso pada suaraindonesia.co.id, Selasa (27/2/2024).

Lebih lanjut, Sigit Purnomo menjelaskan, Rakor yang telah dilaksanakan Senin 26 Februari 2024 kemarin. TPID melihat Indek Perubahan Harga (IPR) Kabupaten Bondowoso yang saat ini cenderung naik.

"Naiknya itu disebabkan karena melonjaknya harga 3 komoditi, yaitu beras cabai merah dan daging ayam," ungkapnya.

Kata Sigit, Rakor TPID itu bertujuan membahas langkah langkah ke depan dalam mewujudkan stabilitas harga pangan dan ketersediaan pasokan daging ayam menjelang dan saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Dia menuturkan, soal stabilitas harga pangan, Diskoperindag Bondowoso sudah mengantisipasi sejak awal. Pada 7 Februari 2024 telah dilaksanakan OPM tahap 1, di 4 Kecamatan yang mengalami penurunan penerima bantuan pangan.

"Masing masing kecamatan mendapat kuota 10 ton beras dan minyak goreng sebanyak 600 liter," ujarnya.

Dia mengungkapkan, Diskoperindag juga melaksanakan OPM tahap 2 pada 2 Februari 2024.

Selain itu, Diskoperindag saat ini terlus memantau ketersediaan pangan bersama Satgas Pangan Polres Bondowoso.

"Perkembangan ketersediaan dan pangan di pasar dan toko toko terus kami pantau. Perkembangannya akan kami laporkan secara berkala," tutupnya(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV