SUARA INDONESIA

Berkah Peringatan Hari Kartini, Usaha Sewa Baju Adat Laris Manis Diborong Pelajar

Gono Dwi Santoso - 21 April 2024 | 11:04 - Dibaca 1.10k kali
News Berkah Peringatan Hari Kartini, Usaha Sewa Baju Adat Laris Manis Diborong Pelajar
Tiga siswa sedang memilih baju adat untuk peringatan Hari Kartini di usaha persewaan baju adat Desa Bendungan, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/04/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Momen Hari Kartini membawa berkah bagi usaha sewa dan perajin busana tradisional di Desa Bendungan, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/04/2024).

Para pelajar berbondong-bondong menyewa baju adat untuk memeriahkan Hari Kartini di sekolah mereka. Di salah satu tempat persewaan baju adat, puluhan pelajar terlihat antre dan memilih baju yang akan mereka sewa.

Salah satu pelajar, Novi dari SMP Kudu Jombang, mengatakan, dia dan teman-temannya memilih untuk menyewa baju adat di tempat ini karena lokasinya strategis dan harganya terjangkau pelajar.

"Tadi menyewa baju adat untuk kegiatan Hari Kartini di sekolah besok. Kami datang bersama teman-teman dan sudah langganan di sini," ujarnya.

Pemilik persewaan baju adat, Sri Murdiantini mengungkapkan, di momen-momen besar seperti Hari Kartini, banyak pelanggan yang datang untuk menyewa baju adat di tempatnya.

"Kebanyakan menyewa baju adat dan semua baju adat di sini tersedia. Banyak juga yang dibuat hasil karya tangan sendiri," terangnya.

Sri Murdiantini menjelaskan, tempatnya menyewakan baju dan tari tradisional, serta tidak menyediakan baju modern. Animo penyewa setiap tahunnya terbilang ramai.

"Untuk pelajar, rata-rata harganya Rp 35 ribu - Rp 40 ribu. Untuk yang lebih bagus, kisaran Rp 50 ribu. Dan untuk kostum tari tradisional, harga standarnya Rp 35 ribu. Hampir semua baju di sini hasil karya sendiri," paparnya.

Sri Murdiantini pun berpesan kepada generasi muda agar melestarikan budaya dengan cara menggunakan baju adat pada peringatan Hari Kartini. "Agar kedepannya budaya ini tidak hilang atau punah," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV