SUARA INDONESIA

Wagub Jatim Apresiasi Langkah Wali Kota Probolinggo Pulihkan Ekonomi

Lutfi Hidayat - 27 January 2022 | 10:01 - Dibaca 1.10k kali
Pemerintahan Wagub Jatim Apresiasi Langkah Wali Kota Probolinggo Pulihkan Ekonomi
Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak tinjau pameran produk unggulan UKM/IKM Kota Probolinggo

PROBOLINGGO - Upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo.

Pemberian stimulus berupa kemudahan akses layanan perijinan, standar halal, pemasaran hingga permodalan kepada pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM) juga dikebut.

Hal itu dijabarkan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin pada Forum Silaturahmi Komunitas UKM/IKM Kota Probolinggo dalam rangka Refleksi Ekonomi 3 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo.

Kegiatan tersebut digelar di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (26/01/2022) malam yang diikuti puluhan pelaku UKM/IKM dan dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak serta Waka Polda Jatim, Brigjen. Pol. Slamet Hadi Supraptoyo.

Setibanya di lokasi Wagub Jatim beserta Waka Polda Jatim meninjau pameran berbagai produk UKM Kota Probolinggo yang sebagian besar telah menembus pasar regional Jawa Timur dan Nasional.


Habib Hadi mengatakan kemudahan layanan kepada UKM dan IKM Kota Probolinggo hingga banyak meraih prestasi di sejumlah event bukan merupakan tujuan utama dirinya.

Daya saing produk UKM/IKM dengan luar daerah dan pertumbuhan ekonomi Kota Probolinggo menjadi hal utama mantan anggota DPR RI itu yang merupakan amanah sebagai kepala daerah.

"Prestasi UKM dan IKM kita (Kota Probolinggo-red) bukan tujuan utama saya, tapi bagaimana pertumbuhan ekonomi dan daya saing produk kita dengan daerah lain itu yang sangat penting," ungkapnya dalam sesi dialog bersama UKM/IKM.

Selain pembinaan dan kemudahan akses layanan, Pemkot Probolinggo juga mengantisipasi dampak pembangunan jalan tol yang melintasi Kota Probolinggo terhadap UKM dan IKM.

Wali Kota Probolinggo sedang menginisiasi adanya pengelolaan rest area jalan tol yang melibatkan UKM/IKM di Kota Probolinggo.

"Jadi kendala nanti yang kita hadapi kedepan kalau sekarang exit tol ini kan masih ada di Kota Probolinggo, sehingga masih belum terlalu terdampak. Tapi kalau tol ini sudah sampai ke Banyuwangi, kami harap ada terobosan yang difasilitasi Pemerintah Provinsi agar pemerintah daerah diberi akses untuk mewadahi pelaku usaha kecil menengah di rest area jalan tol," ungkap Habib Hadi.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak merespon langkah pemulihan ekonomi Wali Kota Probolinggo dengan memberikan stimulus kepada pelaku UKM/IKM.

Hal itu disebutnya sebagai bentuk kepedulian Pemkot Probolinggo agar UKM/IKM tidak semakin terpuruk akibat terdampak pandemi Covid-19.

"Pada April 2020 kita ingat suasana mencekam, pesimis rasanya kiamat ekonomi, nah UKM untuk bisa bergerak mereka tidak hanya perlu modalnya saja tadi, tapi bagaimana mereka sehari-hari bisa makan. Pemberian stimulus ini agar UKM bisa bangkit, karena kalau sudah kadung tutup, mulainya lagi itu sulit," jelas Emil.

Sedangkan inisiasi akses rest area jalan tol bagi UKM, dikatakan Emil merupakan usulan yang bagus. Pemprov Jatim sedang mendorong Kementerian PUPR agar dapat memberikan akses tersebut.

"Bahwa kalau terbatas tempatnya yang menyediakan pemerintah daerah yang penting diberikan ijin, diberikan akses. Nah kalau memang Kota Probolinggo sudah punya keinginan kuat, kita dorong untuk menjadi percontohan untuk menerapkan itu," ungkapnya.

Baik UMKM, UKM maupun IKM di Kota Probolinggo diharapkan Wagub Jatim menjadi tuan rumah di daerah sendiri, Pemprov Jatim juga mendorong produk UKM dapat berkontribusi dan mewarnai pada sektor pariwisata. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024