SUARA INDONESIA

Wow! DLH Banyuwangi Punya Laboratorium Lingkungan Terakreditasi

Muhammad Nurul Yaqin - 15 March 2023 | 09:03 - Dibaca 2.06k kali
Pemerintahan Wow! DLH Banyuwangi Punya Laboratorium Lingkungan Terakreditasi
Tenaga kerja di Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi melakukan pengujian sampel. (Muhammad Nurul Yaqin/suara Indonesia.co.id).

BANYUWANGI - Jarang terekspos, Banyuwangi ternyata memiliki UPT Laboratorium Lingkungan yang berperan aktif sebagai penyedia jasa kualitas lingkungan seperti air limbah perusahaan, air minum, air bersih, air sungai, air laut, udara ambien dan udara lingkungan kerja.

UPT Laboratorium Lingkungan ini berada dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuwangi. Secara mutu sangat terjamin, karena telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan mendapatkan sertifikat ILAC-MRA, sebagai bentuk pengakuan internasional.

Plt Kepala DLH Banyuwangi Dwi Handayani mengatakan, laboratorium tersebut dirintis sejak tahun 1999. Waktu itu masih menggunakan alat seadanya, yakni test kit. 

"Tahun 1999 saya masih sendiri mengoperasikan test kit, kemudian tahun 2003 ada tambahan PNS 2 orang, saat ini tenaga laboratorium lingkungan ada 9 orang. Diisi anak-anak muda lulusan teknik kimia, teknik lingkungan dan analis kimia," kata alumni Fakultas Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta ini. 

Untuk memperoleh akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) pun tidaklah mudah. Harus ada serangkaian tahapan yang dilalui. Namun pada akhirnya pada 16 Februari 2016, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Banyuwangi bisa mendapatkan pengakuan Akreditasi KAN. 

"Alhamdulilah sampai pada saat ini, lingkup pengujian kita sudah meliputi matriks sampel air limbah, air minum, air bersih, air sungai, air laut, air tanah, udara ambien, udara lingkungan kerja, padatan, tanah dan slurry," terang Yani sapaan akrab Plt Kepala DLH Banyuwangi, Rabu (15/3/2023).

Ia menambahkan setelah akreditasi laboratorium tuntas, saat ini Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi tengah melakukan proses register di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

"Karena ada aturan wajib untuk mengujikan kualitas uji udara maupun air limbahnya itu di laboratorium yang teregister menteri," sambungnya. 

Disisi lain, Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi juga memiliki Laboratory Information Management System (LIMS) , Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Laboratorium Lingkungan (Simpling). Inovasi tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan prima salah satunya mempermudah pelayanan kepada publik.

Aplikasi Simpling merupakan layanan jasa pengujian kualitas lingkungan yang berbasis digital. Lebih mudahnya lagi, Simpling adalah aplikasi pelayanan laboratorium yang telah berbasis web. 

Perusahaan yang ingin melakukan uji kualitas lingkungan cukup melakukan pendaftaran dan mengisi datanya lewat aplikasi, kemudian mengirimkan contoh uji (sampelnya) bisa via jasa pengiriman. 

Tidak hanya itu, para pengguna jasa juga bisa melihat sejauh mana proses pengujian sampelnya berdasar timeline yang ada dalam fitur. Misal, hari ini sudah sejauh apa prosesnya. Hasilnya nanti akan dikirim via email. 

"Apalagi air limbah perusahaan itu wajib diuji kualitasnya setiap satu bulan sekali. Layanan yang ada di kami telah berbasis digital, sehingga sangat memudahkan perusahaan dan pengguna jasa lainnya," ujarnya. 

Dengan inovasi Simpling tersebut, Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi menjadi laboratorium DLH Kabupaten/Kota pertama di Jawa Timur yang telah menerapkan laboratory Information Management System (LIMS) sejak 2021 dan berkeinginan kedepannya menjadi pioner Green Laboratory di lingkup Laboratorium DLH Kab/Kota.

Selain melayani perusahaan di Banyuwangi, laboratorium DLH Banyuwangi juga melayani beberapa perusahaan beberapa daerah di eks karesidenan Besuki.

“Ada dari Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo melakukan pengujian di Laboratorium DLH Banyuwangi. Layanan kami juga menyasar hingga Bali, seperti Kabupaten Jembrana dan sekitarnya," sebutnya. 

DLH Banyuwangi juga berencana memperluas matriks untuk ruang lingkup pengujian dengan melayani uji mikrobiologi, Uji Emisi cerobong dan uji limbah padat bahan berbahaya dan beracun (B3). 

Selain penerapan Sistem ISO/IEC 17025:201, dukungan infrastruktur seperti sarana dan prasarana, pengembangan metode pengujian termutakhir, kompetensi personel, performance Manajemen sistem dan komitmen semua elemen pendukung.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024