SUARA INDONESIA

Bersama Kapolda Jatim, Wali Kota Probolinggo Luncurkan Aplikasi SAS Meteor, Begini Fungsinya!

Lutfi Hidayat - 20 March 2023 | 08:03 - Dibaca 1.24k kali
Pemerintahan Bersama Kapolda Jatim, Wali Kota Probolinggo Luncurkan Aplikasi SAS Meteor, Begini Fungsinya!
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin (kanan) mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, saat launching aplikasi SAS Meteor di Alun-alun Kota Probolinggo

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Selain fokus pada peningkatan dan layanan kesehatan, pendidikan, ekonomi mikro dan sarana prasarana, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo kini juga menguatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat.

Komitmen itu dilakukan Pemkot Probolinggo dengan rencana fasilitasi pembangunan gedung command center untuk mendukung aplikasi berbasis android Security Alert System (SAS) Meteor yang digagas Polresta Probolinggo.

Aplikasi SAS Meteor tersebut diluncurkan secara bersama-sama oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa'bani dan jajaran Forkompimda pada sesi penutupan Festival Pendalungan di Alun-alun Kota Probolinggo, Sabtu malam (18/03/2023).

Wali Kota Habib Hadi, menyampaikan jika Pemkot Probolinggo mendukung penuh langkah Polresta Probolinggo dalam memperkuat sistem keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurutnya, aplikasi SAS Meteor merupakan upaya bersama dalam menyempurnakan layanan kepada masyarakat dalam hal respon cepat terhadap situasi/kondisi yang dialami masyarakat.

"Ini menjadi penyemangat kita, Pemkot Probolinggo men-support melengkapi sarana prasarana yang ada. Karena (aplikasi) Meteor ini sangat berarti untuk menjamin keamanan di bidang usaha, investasi. Ini akan menggairahkan investasi di Kota Probolinggo," ujarnya.

Meteor yang merupakan akronim dari Sistem Keamanan Terpadu Kota Probolinggo didesain untuk menangani kondisi kegawat daruratan bidang keamanan masyarakat yang akan terkoneksi dengan berbagai aplikasi dari instansi terkait, seperti TNI/Polri, Satpol PP dan pemadam kebakaran, BPBD serta PMI.

"Kehadiran negara untuk warganya ini menjadi keharusan dan kewajiban. Maka dari itu Pemkot Probolinggo men-support dengan akan membangun Command Center, gabungan bersama TNI/Polri dan unsur lainnya yang akan dibangun di depan Mako Satpol PP. Itu nantinya jadi pusat gabungan 24 jam mengantisipasi gangguan Kamtibmas di Kota Probolinggo," ungkap Habib Hadi.


Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, berterima kasih atas dukungan Forkopimda utamanya Pemkot Probolinggo atas support sistem tersebut.

"Tentu ini menjadi jawaban atas kepedulian Forkopimda atas masalah Kamtibmas di Kota Probolinggo. Saya harap aplikasi ini ada kemudahan, kecepatan, ketepatan sehingga ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," terang Irjen Pol Toni Harmanto.

Kondusivitas masyarakat, disebut Kapolda Jatim akan berdampak pada iklim investasi di suatu daerah. Sehingga perlu menjadi perhatian serius TNI/Polri dan seluruh instansi pemerintah yang ada.

"Kondusivitas Harkamtibmas ini akan menjaga pertumbuhan ekonomi di Probolinggo itu sendiri," tegasnya.

Aplikasi SAS Meteor ini menggabungkan dan melengkapi 3 aplikasi respon cepat masyarakat sebelumnya, yakni aplikasi Mangga Manis, Call Centre 112 milik Satpol PP dan Siab Maspro. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024