SUARA INDONESIA

Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, ini Harapan Bupati Situbondo

Syamsuri - 09 May 2023 | 19:05 - Dibaca 805 kali
Pemerintahan Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, ini Harapan Bupati Situbondo
Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi Saat Membuka Acara Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Tahun 2023 ( Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO -Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar pelaksanaan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 dan pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat atau yang dikenal BBGRM ke-20 Tahun 2023 di Pendopo Aryo Situbondo, Selasa (9/5/2023) 

Pelaksanaan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Tahun 2023 ini mengambil tema 'Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Mewujudkan Indonesia Tumbuh'.

Tema itu memiliki makna pergerakan dalam bingkai PKK yang difokuskan pada peningkatan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia. 

Sedangkan tema pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat atau yang dikenal BBGRM yang ke-20 adalah 'Dengan Semangat Gotong-royong, Kita Tingkatkan Transformasi Ekonomi Yang Unklusif dan Berkelanjutan Menuju Situbondo BERJAYA'. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Situbondo berharap dengan adanya kegiatan ini PKK yang memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka untuk pemberdayaan kesejahteraan keluarga yang ada di Desa-desa.

"Oleh karena itu, perlu kita sinergikan dan kolaborasikan dengan berbagai dinas yang ada, sehingga peran PKK dimasyarakat pedesaan akan memiliki daya ungkit yang bisa membawa pada upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Tentunya dengan program program pemberdayaan sebagaimana yang ada dalam 10 program pokok PKK," jelasnya. 

Kata, Bung Karna, apa yang tidak dikerjakan oleh PKK dan program-program yang dikerjakan oleh PKK, mulai dari koperasi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, ekonomi dan lainnya, yang tercantum didalam 10 program pokok PKK, semua dikerjakan, termasuk penurunan stunting. 

"Itu menjadi penekanan dari Ketua Umum PKK Pusat yang tentu harus kita lakukan secara bersama sama, lebih lebih penurunan stunting ini menjadi harapan dari Presiden Republik Indonesia," bebernya. 

Bung Karna juga berharap gotong royong yang sudah mulai hampir punah bisa digiatkan kembali oleh para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Situbondo, khususnya bagi masyarakat yang ada di Desa-desa. 

"Upaya ini sebagai wujud partisipasi masyarakat di dalam melaksanakan pembangunan yang ada di Desa-desa. Kita tentu akan sangat bangga manakala tingkat partisipasi masyarakat terus semakin meningkat, sejalan dengan banyaknya gotong royong yang ada di masyarakat. Mari kebersamaan ini kita wujudkan dalam bentuk upaya bersama-sama berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan yang ada di Kabupaten Situbondo," ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Situbondo, Hj. Jum'ati Karna Suswandi mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 tahun 2023 ini, pihaknya berharap agar rangkaian peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja.

Selain itu, lanjut dia, juga bukan merupakan kegiatan yang hanya syarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya. 

"Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati hari kesatuan gerak PKK haruslah selalu selalu menimbulkan gelora yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dalam gerakan PKK, semangat yang bergelora itu senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama," ucapnya.

Menurutnya, kebersamaan dan keterpaduan yang harus dicurahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

"Niscaya bilamana ada tekat demi kemajuan untuk bergerak secara bersama sama itu kita dapat laksanakan, maka diharapkan dapat pula kita wujudkan Indonesia akan tumbuh dan pada akhirnya Indonesia jadi negara maju," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala BPMD Situbondo, Suriyatno mengatakan, maksud dan tujuan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Tahun 2023 itu adalah untuk mewujudkan peranan tim penggerak PKK sebagai Mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah yang sinergi dengan 10 program pokok PKK. 

"Sedangkan maksud untuk kegiatan pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat ke-20 adalah sebagai upaya pelestarian kebiasaan mulya dalam masyarakat kita dengan saling terbuka, dan saling membantu yang diwujudkan dalam kegiatan kegiatan gotong royong di berbagai bidang pembangunan dan peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan," imbuhnya. 

Diharapkan dengan terlaksananya program pemerintah yang sinergi dengan 10 program pokok PKK, kader PKK pusat melaksanakan gerakan berbakti untuk bangsa dan berbakti untuk sesama dengan roh pengabdian kader PKK selanjutnya. 

Selain itu, meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat gotong royong menuju Situbondo BERJAYA. 

Dalam acara itu dihadiri sebanyak 500 orang terdiri dari unsur DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, staf ahli dan asisten Sekretariat Daerah, para pimpinan OPD selaku pembina tim penggerak PKK, Ketua Umum Tim penggerak PKK Kabupaten beserta Pengurus, Ketua Darma Wanita Persatuan beserta Pengurus. 

Kemudian para Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kasi Litbang Kecamatan, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Situbondo beserta Ketua Tim penggerak PKK desa dan Kelurahan dan Ketua LPM se-Kabupaten Situbondo. 

Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam kegiatan ini dibKabupaten Situbondo adalah Lomba 10 program pokok PKK Tingkat Kabupaten, dengan hasil terbaik yakni pertama Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih sebagai juara I, Desa mojosari, Kecamatan Asembagus juara II dan Desa Selombanteng, Kecamatan Banyuglugur sebagai juara III. 

Sedangkan untuk lomba gotong royong terbaik tingkat Kabupaten, untuk juara I diraih Kelurahan Mimbaan, Juara II Kelurahan Dahuwan dan juara III diraih oleh Desa Bayeman, Kecamatan Arjasa. 

Selanjutnya berdasarkan surat Pemerintah Provinsi Jatim tertanggal 5 April 2023, hasil pemilihan adminstratif pelaksana gotong royong terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Situbondo berhasil meraih 3 nominasi terbaik tingkat Provinsi. 

"Yang mana Situbondo diwakili oleh Kelurahan Mimbaan sebagai juara I Tingkat Kabupaten dengan tahapan setelah penilaian administrasi dan kita masuk 3 besar. Untuk tahapan berikutnya, pada tanggal 12 April 2023 yang lalu telah mengikuti penilaian presentasi di DPRD Provinsi Jatim," ungkapnya. 

Kemudian tahapan berikutnya penilaian yang akan dilaksanakan pada 30 Mei 2023.

"Tinggal satu langkah lagi untuk menuju juara I Tingkat Provinsi Jatim," pungkasnya.

Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi saat membuka acara Puncak hari kesatuan gerak PKK ke 51 tahun 2023. ( Foto : Syamsuri/ Suara Indonesia) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024