SUARA INDONESIA

Prodi Perbankan Syariah UIN Malang Jalani Asesmen Daring, Menuju Akreditasi A

Mohammad Sodiq - 18 December 2020 | 11:12 - Dibaca 2.36k kali
Pendidikan Prodi Perbankan Syariah UIN Malang Jalani Asesmen Daring, Menuju Akreditasi A
Program Studi (Prodi) S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menjalani Asesmen Lapangan secara daring.

KOTA MALANG - Program Studi (Prodi) S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menjalani Asesmen Lapangan secara daring. Asesmen Lapangan itu digelar selama 2 hari, mulai 18-19 Desember 2020.

"Visitasi ini merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan dalam rangka untuk perbaikan secara terus menerus guna mendukung kelancaran kebaikan dan kemejuan Fakultas Ekonomi kedepan," pungkas Dekan Fakultas Ekonomi UIN Malang, Dr. Nur Asnawi, M.Ag, Jumat (18/12/2020).

Sementara, Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag mengatakan Program Studi Perbankan Syariah menjadi sangat penting untuk kepentingan bersama dalam mewujudkan kampus yang ideal.

"UIN Malang sudah banyak bekerjasama dengan perbankan, bahkan ada beberapa membantu pengelolaan keaungan kampus," ujarnya.

Menurut Prof Haris, eksitensi Perbankan Syariah dibutuhkan oleh masyarakat, terutama mengelolah perbankan sesuai ajaran Islam.

Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya Akreditasi menuju A, Prof Haris berharap Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi itu mampu menjadi salah satu Prodi unggulan UIN Malang.

"Selain itu, kedepan semoga ada program studi lanjutan yakni S2 Perbankan Syariah di kampus UIN Malang," harapnya.

Dalam kegiatan visitasi virtual tersebut, hadir dua orang asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yakni Dr. Agus Purwanto, SE, M.S., Akt (Universitas Diponegoro) dan Dr. Hikmah Endraswati, SE., M.Si., Akt (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Dr. Agus Purwanto, SE, M.S., Akt mengatakan dengan kondisi pandemi yang masih belum berakhir, akhirnya menyelangarakan asesmen lapangan secara daring.

"Tetapi, Asesmen Lapangan yang dilakukan daring ini sesungguhnya hampir sama dengan yang dilaksanakan secara luring," bebernya.

Menurutnya, ada beberapa item yang harus disiapkan dalam asesmen lapangan seperti bukti-bukti dokumen yang ada diborang, wawancara dengan alumni, mahasiswa maupun dosen dan masih banyak lagi yang harus ditunjukkan saat asesmen berlangsung.

"Diharapakan asesmen ini nantinya berjalan dengan sebaik-baiknya dan tidak terjadi kendala apapun," ungkapnya.

Sementara, Asesor Dr. Hikmah Endraswati, SE., M.Si., Akt mengatakan Asesmen Lapangan itu merupakan tindak lanjut dari borang yang sudah dikrimkan ke BAN-PT.

"Nantinya kami mengkonfirmasi kondisi fakta dan data dilapangan apakah sesuai dengan borang akriditasi Prodi Perbankan Syariah UIN Malang," ujarnya.

Ia berharap Asesmen Lapangan dapat berjalan lancar dan sukses.

"Semoga mendapatkan hasil yang terbaik untuk kemajuan prodi Perbankan Syariah (S1) Fakultas Ekonomi UIN Malang," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV