SUARA INDONESIA

Bazar Pangan SMP Pius Cilacap, Latih Anak Berwirausaha Sejak Dini

Satria Galih Saputra - 16 October 2023 | 22:10 - Dibaca 949 kali
Pendidikan Bazar Pangan SMP Pius Cilacap, Latih Anak Berwirausaha Sejak Dini
Kepala SMP Pius Cilacap, Thomas Sutasman saat meninjau bazar sekaligus membeli produk makanan siswa di halaman sekolah. (Foto: Istimewa)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - SMP Pius Cilacap menggelar bazar pangan di sekolah, Senin (16/10/2023). Terlihat siswa-siswi dari masing-masing kelas ini menjajakan aneka makanan dan minuman hasil olahan sendiri.

Mereka memajangnya di stand yang telah disediakan di halaman sekolah untuk dijual kepada siswa lain maupun guru.

Waka Kesiswaan SMP Pius Cilacap Vinsensius Prita Iswandaru mengatakan, bazar pangan ini disamping untuk melatih anak berwirausaha sejak dini, juga dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2023.

"Pemerintah menekankan pemberdayaan UMKM, sehingga melalui kegiatan bazar pangan ini, anak-anak bisa belajar sedini mungkin tentang bagaimana berwirausaha, dengan menyiapkan produk yang mereka jual," ujar Prita.

"Jadi anak-anak di masing-masing kelas menyajikan aneka makanan dan minuman yang mereka buat sendiri dengan modal sendiri mulai dari makanan ringan, berat kemudian mencari keuntungan dengan memasarkannya," imbuhnya.

Diharapkan, melalui kegiatan bazar tersebut, para siswa, khususnya SMP Pius Cilacap, dapat memahami bagaimana mencari pendapatan dengan mandiri.

"Jadi siswa lebih tahu dan menyadari betul bagaimana susahnya mencari pendapatan, sehingga nantinya menjadi lebih menghargai orang tua mereka yang sudah bersusah payah membesarkan," ungkap Prita.

Sementara salah seorang siswa Kelas 9B, Ignasius Loyola Anthonio Pudya, mengaku senang dan termotivasi dengan mengikuti kegiatan bazar pangan tersebut.

"Seru sih, soalnya melatih untuk berwirausaha. Jadi kami bisa belajar sambil jualan di sekolah. Harapannya kegiatan ini bisa diadakan lagi tahun depan," ucap Ignasius.

Ia mengaku berjualan es teh telang, cireng dan makanan angkringan. “Lumayan, jadi punya penghasilan sendiri, meskipun nggak besar," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV