SUARA INDONESIA

Gencar Lakukan Gerakan Literasi, Direktur El Fath Terima Penghargaan Guru Inspirator

Wildan Mukhlishah Sy - 18 December 2023 | 07:12 - Dibaca 1.11k kali
Pendidikan Gencar Lakukan Gerakan Literasi, Direktur El Fath Terima Penghargaan Guru Inspirator
Segenap tenaga pendidik PAUD H.I El Fath pada acara Wisata Literasi Nasional dan Anugerah Literasi Indonesia Tahun 2023. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Usaha selalu membuahkan hasil, begitulah yang dirasakan Direktur PAUD H.I El Fath Nurul Hayati saat menerima penghargaan Anugerah Literasi Indonesia Tahun 2023 Kategori Guru Inspirator Literasi. 

Nurul Hayati mengaku bersyukur, kegencaran selama ini dalam bidang literasi membuahkan hasil yang membanggakan.

Ia juga mengaku penghargaan yang diberikan Forum Indonesia Menulis pada event Wisata Literasi Nasional & Anugerah Literasi Indonesia Jawa Timur XIII yang dilaksanakan pada, Minggu (17/12/2023) itu seperti sebuah trofi dari perjuangannya selama ini.

“Artinya perjuangan saya untuk mengembangkan literasi terutama di PAUD itu mendapat pengakuan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya juga mengajak para guru di El Fath agar terus bertumbuh dan meningkatkan kemampuan literasi salah satunya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas seperti Wisata Literasi Nasional (WLN).

"Ada 16 tenaga pendidik El Fath yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan WLN ini," paparnya.

Selain di sekolah, pihaknya juga gencar meningkatkan literasi anak bersama orang tua murid yang dilaksanakan di rumah masing-masing.

Menurutnya hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi anak yang lebih menekankan pada keahlian dasar, seperti menyimak.

“Anak terlatih untuk menyimak, kemudian terlatih untuk berbicara dari hasil pengolahan informasi dari yang dia simak. Baik menyimak lewat gambar, syukur-syukur menyimak lingkungan, kejadian-kejadian, menyimak pembicaraan lawan bicara,” jelasnya. 

Sehingga, tambahnya kecakapan-kecakapan yang penting bagi perkembangan literasi anak diharapkan ikut tumbuh dengan stimulasi seimbang baik di sekolah bersama para guru maupun di rumah dengan orang tua. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV