SUARA INDONESIA

Kapal Bintang Jaya Mandiri Alami Kebakaran, 16 ABK Dievakuasi ke Tuban

M. Efendi - 16 April 2021 | 14:04 - Dibaca 1.61k kali
Peristiwa Daerah Kapal Bintang Jaya Mandiri Alami Kebakaran, 16 ABK Dievakuasi ke Tuban
Tim SAR saat melakukan perjalanan menuju titik kapal terbakar di perairan laut Jawa Barat, (Dok. Tim SAR Surabaya, Irqam/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Tim Basarnas Surabaya berhasil mengevakuasi 16 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Bintang Jaya Mandiri yang terbakar di perairan Laut Jawa Utara, pada Kamis, (15/04/2021) lalu. 

Informasi yang dihimpun suaraindonesia.co.id, dugaan terbakarnya KM Bintang Jaya Mandiri diduga akibat percikan api dari kamar mesin saat petugas menyalakan generator, sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran. 

Mendapatkan kabar bahwa ada sebuah kapal nelayan terbakar, Tim SAR kemudian berangkat dengan menggunakan Kapal MT Queen Majesty untuk melakukan evakuasi dan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan PT TBBM Tuban untuk memberikan pertolongan. 

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menjelaskan, sebelumnya mendapat informasi bahwa ada kapal yang terbakar di wilayah Jawa Barat yang terselamatkan oleh kapal tangker yang kebetulan bertujuan ke Tuban. Dan dijadwal akan mendarat hari ini di pelabuhan TBBM kurang lebih 6 mil dari darat.

"Tadi kami sudah rapat dengan pihak Basarnas, TPPI, Karantina, Syahbandar, dan TNI. Sekarang sudah dikirim dua tungboat, yang pertama tungboat dari petugas karantina untuk mengecek kesehatannya. Tugboat kedua nanti akan membawa 16 korban selamat ke darat," jelas AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat, (16/04/2021).

Selanjutnya 16 korban selamat akan dilakukan tes GeNose untuk mengecek kesehatannya dan memastikan tidak terpapar Covid-19. Dan kesehatan fisik di klinik.

"Nanti kita siapkan kendaraan untuk mengantarkan pulang sesuai alamat asal. Alhamdulillah kondisi semuanya sehat, sudah kami juga siapkan pakaian barangkali dibutuhkan," pungkasnya.

Data yang dihimpun suaraindonesia.co.id, 16 AKB yang selamat ialah, masing-masing Ramin, Nono Cahyono, Sugeng Apriana, Agus Gunawan, Rasvadi, Dede Sumantri, Didi, Agus, Sarma, Syaiful dan Caswanto, warga Kabupaten Indramayu. 

Kemudian Suprianto, Jaenal, Slamet Sanuri warga Kabupaten Brebes, dan satu orang lagi bernama Rio Prabowo, warga Kabupaten Subang.

Hingga saat ini, tim evakuasi masih dalam perjalanan laut menuju Tuban dengan prediksi tiba ke terminal PT Pertamina sekitar pukul 15.00 Wib. (Irq/Nang) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV