SUARA INDONESIA

Diakhir Jabatan, Bupati Tuban Kembali Raih Penghargaan Opini WTP dari BPK RI

M. Efendi - 11 May 2021 | 04:05 - Dibaca 887 kali
Peristiwa Daerah Diakhir Jabatan, Bupati Tuban Kembali Raih Penghargaan Opini WTP dari BPK RI
Bupati Huda (kanan), Ketua BPK Jatim, Joko Agus (tengah), dan Ketua DPRD Tuban, Miyadi (kiri), usai terima penghargaan Opini WTP, (Dok. Humas Pemkab)

TUBAN - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), kembali memberikan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Bupati Tuban, Fathul Huda atas capaiannya dalam mengatur Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Dengan diraihnya Opini WTP yang tercantum dalam Laporan Hasil Pemeriksaan ini, artinya Pemkab Tuban telah tujuh kali menyabet penghargaan tersebut.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur, Joko Agus Setyono kepada Bupati Fathul Huda bersama Ketua DPRD Tuban, Miyadi, di Kantor BPK Sidoarjo, Perwakilan Jawa Timur. 

Kepala BPK Jatim, Joko Agus Setyono mengatakan, pemeriksaan atas LKPD ini dilakukan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan oleh Pemerintah Daerah setempat. Pemeriksaan sendiri dilakukan bertujuan sebagai pernyataan profesional mengenai kewajaran dalam penyajian laporan pemerintahan. 

"Memang dalam pemeriksaan LKPD Tahun 2020, BPK masih menemukan beberapa permasalahan dalam pengelolaan keuangan daerah, namun permasalahan itu tidak mempengaruhi hasil kewajaran atas penyajian LKPDnya," jelas Joko Agus Setyono, Senin (10/05/2021).

Lebih lanjut, BPK Jatim berharap LKPD yang telah diperiksa oleh BPK (LKPD audited) bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan pengangaran oleh DPRD maupun Pemerintah Daerah.

“Meski memperoleh opini WTP, kami minta Pemerintah Daerah tetap harus serius dalam menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan BPK dalam LHP,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Inspektorat Kabupaten Tuban, Aguk Waluyo Raharjo mengatakan, penghargaan Opini WTP ini menunjukkan Pemkab Tuban telah menyelenggarakan prinsip akuntansi keuangan yang baik. "Penghargaan Opini WTP ini merupakan predikat paling baik dari hasil audit BPK dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah," kata Aguk sapaan akrabnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPPKAD Tuban, Joko Priono mengungkapkan, bahwa penghargaan Opini WTP ini hasil kerjasama kolektif bersama dari semua pihak.

"Ini merupakan kerja bersama dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dukungan penuh dari unsur legislatif," ungkapnya.

Kemudian, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan, penghargaan Opini WTP menjadi kado terindah diakhir masa jabatannya. Serta ini menjadi bukti bahwa sistem administrasi dan akuntansi Pemkab Tuban berjalan dengan baik. Dan kepatuhan pada peraturan sesuai undang-undang dijalankan dengan baik.

“Kepada seluruh aparatur di lingkup Pemkab Tuban saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras selama ini. Selain itu kepada segenap anggota DPRD Kabupaten Tuban dan seluruh elemen masyarakat, saya sampaikan terima kasih atas dukungannya dalam upaya mendorong terciptanya Pemerintah Kabupaten Tuban yang bersih dan akuntabel," pungkasnya. (Irq/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV