SUARA INDONESIA

Masyarakat Kutim Geruduk Mako Lanal Sangatta Demi Ikuti Program Serbuan Vaksin

Eki Adi Nugroho - 03 July 2021 | 09:07 - Dibaca 2.65k kali
Peristiwa Daerah Masyarakat Kutim Geruduk Mako Lanal Sangatta Demi Ikuti Program Serbuan Vaksin
Warga yang mengantri di depan pintu masuk Makolanal Sangatta. (Foto: Ekky)

KUTAI TIMUR - Meski diguyur gerimis, ratusan masyarakat mulai memadati Mako Lanal Sangatta untuk mengikuti program serbuan vaksin bertajuk 'Serbuan Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Maritim' yang digelar Makolanal, Sabtu (03/07/2021).

Beberapa warga yang ditemui di lokasi juga menyampaikan bahwa mereka telah standby dan menunggu di Makolanal sejak pukul 04.30 Wita agar bisa mendapatkan vaksin Covid-19. 

Merespon animo dan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19 tersebut, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi didampingi Palaksa Lanal Sangatta Mayor Laut (P) Herwanto memberikan apresiasi positif sekaligus meminta maaf karena tidak semua masyarakat dapat mengikuti program tersebut akibat tidak mencukupinya jatah vaksin yang ada.

"Saya apresiasi kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksin. Kami telah prioritaskan pelayanan untuk masyarakat, namun karna tingginya minat masyarakat yang menghadiri kegiatan ini kami tidak bisa melayani semuanya karena jumlah vaksin yang ada hanya diperuntukkan bagi 500 orang, untuk itu kami minta maaf," terang Danlanal saat diwawancara langsung di Makolanal Sangatta.

Orang nomor 1 di Makolanal tersebut juga menyampaikan dalam persiapan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan untuk mensukseskan program sejuta vaksin yang merupakan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo tersebut, personelnya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan juga stakeholder lainnya.

Bahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan akibat kepadatan masyarakat yang hendak mengikuti vaksinasi, selain penerapan protokol kesehatan secara ketat, pihaknya juga memberlakukan pembagian pengamanan menjadi 3 ring pengamanan.

"Tujuannya jelas, agar masyarakat yang mengikuti vaksinasi dapat lebih nyaman dan potensi dari kemungkinan penyebaran Covid-19 akibat banyaknya masyarakat yang hadir juga dapat dihindari," imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, personelnya juga melakukan penjemputan terhadap masyarakat binaan yang tinggal di pesisir pantai untuk mengikuti program vaksinasi.

"Sekira 50 orang warga binaan pesisir yang terkendala jarak kami lakukan penjemputan. Informasi yang kami terima, Senin depan vaksin akan kembali tiba di Kutim dan kami akan melakukan proses jemput bola dan membantu untuk melaksanakan vaksinasi di wilayah Teritorial Lanal Sangatta," tutupnya. 

Untuk diketahui, sebelumnya, Lanal Sangatta bekerjasama dengan Kodim 0909/Kutai Timur, Polres Kutim dan juga Dinas Kesehatan telah melaksanakan berbagai kegiatan senada di beberapa lokasi di Kutai Timur. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Eki Adi Nugroho
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV