SUARA INDONESIA

Erosi Sungai Selagan di Mukomuko Ancam Pemukiman Warga dan Ruas Jalan Provinsi

Robianto - 20 January 2022 | 18:01 - Dibaca 1.58k kali
Peristiwa Daerah Erosi Sungai Selagan di Mukomuko Ancam Pemukiman Warga dan Ruas Jalan Provinsi
Erosi sungai Selagan di Desa Pondok Batu, mengancam sejumlah pemukiman warga di kawasan Desa tersebut//Foto : Robianto//Suaraindonesia.co.id

MUKOMUKO- Pengikisan tebing sungai (erosi) sungai Selagan di Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, semakin parah dan mengancam sejumlah pemukiman warga di kawasan Desa tersebut.

Selain mengancam sejumlah pemukiman warga, erosi sungai Selagan juga mengancam ruas Jalan Provinsi yang melintasi Desa itu. 

Kepala Desa Pondok Batu, Koko Sasmito, dalam keterangannya kepada media ini Kamis (20/01/2022), ia mengkhawatirkan kondisi erosi tersebut.

Bahkan, ia memprediksi kalau tidak segera ditangani akan berakibat fatal hingga menggapai jalan utama di desa itu dan sejumlah rumah warga.

"Kondisi erosi sungai ini sudah sangat mengkhawatirkan. Karna bangunan tanggul pelapis tebing yang ada sebagian sudah terbawa arus sungai. Kami berharap kepada pemerintah melalui pihak terkait segera ditangani dengan tanggul batu gajah atau sejenisnya agar kawasan kami ini aman dari erosi Selagan. Kondisi erosi dititik tersebut selain mengancam pemukiman warga, erosi juga mengancam jalan utama di Desa kami," kata Koko.
 
Koko juga menyebut, tanaman dalam kebun warga di Desa yang masuk dalam Kecamatan kota Mukomuko itu sudah banyak yang hanyut ke sungai. Apa lagi kalau saat musim hujan yang mengakibatkan hantaman arus hingga merusak apa saja yang berada di sekitar tebing.

"Dampak erosi tersebut banyak taman produktif milik warga seperti kelapa sawit,  pinang dan kelapa ikut amblas ketika luapan air sungai tak mampu dibendung oleh tebing. Kemi berhara pemerintah melalui instansi terkait dapat turun langsung untuk melakukan pengecekan ke lapangan agar dapat dikaji secara teknis," Demikian harap Kades Pondok Batu. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Robianto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV