SUARA INDONESIA

Mendapat Aduan Warga Komisi C DPRD Jombang Sidak ke PT SUR 3

Gono Dwi Santoso - 31 January 2022 | 20:01 - Dibaca 1.41k kali
Peristiwa Daerah Mendapat Aduan Warga Komisi C DPRD Jombang Sidak ke PT SUR 3
Anggota DPRD komisi C saat sidak ke PT SUR 3 di Desa Balongsari Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang, Senin ( 31/01/2022).

JOMBANG - Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jombang Bersama Anggota melakukan sidak ke PT Satwa Utama Raya ( SUR ) yang ada di Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Senin ( 31/01/2022).

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan warga sekitar, yang merasa lingkungannya dicemari dengan adanya bau tidak sedap dari perusahaan tersebut.

Dalam sidaknya kali ini, Ketua komisi C Choirul Anam, bersama anggotanya, Lutfi Kurniawan, Syamsul Huda, Wiwin dan Dian Ayunita disambut dengan baik oleh pihak perusahaan. 

GM PT SUR 3 Dirta Wijaya menjelasakan untuk penanganan masalah bau yang dikeluhkan warga, sudah ditindaklanjuti oleh pihak perusahaan. 

"Iya sudah ada tindak lanjut dan dilakukan sidak dari Dinas Lingkungan Hidup Jombang," katanya.

Menurutny, perusahaan diarahkan untuk segera membuat proses penanganan penyedotan, untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

" kami diarahkan ke dinas Perkim untuk penyedotannya," tambahnya.

Untuk proses pengurukan, saat ini pengerjaan sudah hampir 90% dan masih menimbulkan sedikit bau tidak sedap.

"Dimana pengurukan sudah tertutup semuanya, sudah di campur dengan kapur, koral, pasir, arang, klorin sudah kita kerjakan semua. Dan proses saat ini kami lakukan proses perapian atau pembakaran," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD dari fraksi partai PPP Lutfi Kurniawan mempertanyakan pembakaran yang baru dilakukan oleh pihak pabrik, setelah berdiri selama hampur 30 tahun.

"Berarti pabrik ini berdiri sudah hampir 30 tahun, tapi kenapa baru sekarang membuat IPAL pembakaran, ketika ada komplain dari warga, terkait masalah ini pihak terkait harus kita mintai penjelasan, seperti Dinas Perijinan dan DLH, terkait perijinan pabrik ini, " tandasnya.

Senanda dengan Anggota Komisi C lainnya, Syamsul Huda dari Fraksi PDI Perjuangan, meminta kepada manajemen pabrik PT SUR 3 , untuk segera merespon keluhan yang di rasakan oleh warga sekitar pabrik PT SUR 3.

"Saya sangat menyayangkan pabrik ini baru melakukan pengurukan setelah dikomplain masyarakat. Mestinya karena PT SUR ini perusahaan besar memperhatikan tentang IPALnya," tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, sejumlah warga mengeluhkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh bau tidak sedap dari PT Satwa Utama Raya, yang ada di Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.




» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV