SUARA INDONESIA

Jalur JSG Sempat Macet Total, Roda Dua Diminta Putar Balik

Wildan Mukhlishah Sy - 26 June 2022 | 13:06 - Dibaca 1.29k kali
Peristiwa Daerah Jalur JSG Sempat Macet Total, Roda Dua Diminta Putar Balik
Arus lalu lintas yang padat dan macet menuju JSG, saat pembukaan Poprov Jatim 2022. Foto: Istimewa

JEMBER- Jalur utama menuju stadion Jember Sport Garden (JSG) saat opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Poprov Jatim) ke- VII Tahun 2022, sempat mengalami macet total, bahkan kendaraan roda dua diminta untuk putar balik.

Alhasil ratusan penonton terpaksa memarkir kendaraannya dan berjalan cukup jauh untuk sampai di JSG, yakni sekitar 1,5 km hingga 2 km.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember Agus Wijaya mengatakan, kemacetan tersebut terjadi karena adanya penambahan volume lalu lintas, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, sejak pukul 17.00 WIB.

"Memang ada peningkatan arus volume lalu lintas, mulai jam 17.00, karena saat itu tamu untuk VVIP, VIP maupun penonton datang secara bersamaan," katanya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, oleh suaraindonesia.co.id, Minggu (26/6/2022).

Dirinya mengungkapkan, jumlah kendaraan yang terus meningkat sejak siang hari, membuat area parkir di sekitar JSG penuh dan tidak lagi mampu menampung kendaraan, sehingga petugas meminta roda dua untuk putar balik dan memarikir kendaraan di luar.

"Lahan parkir di dalam sudah penuh, jadi kami minta untuk putar balik," ujarnya.

Menurutnya, pada pukul 14. 00 WIB, arus dari Pemali ke Pasar Sabtuan telah dialihkan menuju Jl Imam Bonjol-Jl Hayam Wuruk.

"Jam 14.00 WIB, dari timur ke JSG itu semua kendaraan masuknya jadi satu, akhirnya volume lalin meningkat sehingga terjadi kepadatan," paparnya.

Selanjutnya, pada pukul 16.00 WIB untuk angkutan truk dan bus telah dialihkan untuk tidak melewati Jalan M.H Tamrin, kecuali kendaraan pengangkut talent atau atlet ke JSG.

Agus menginformasikan, sebanyak 700 lebih personil gabungan dari Dishub, TNI/Polri telah diterjunkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas sejak pukul 14.00 WIB, hingga akhir acara.

Selain itu, pihaknya dan management telah melakukan sosialisasi rakayasa lalu lintas melalui media sosial dan media pers, terkait adanya perubahan arus beberapa hari sebelum acara.

"Kami sudah sosialisasi melalui medsos dan temen-temen media, terkait perubahan arus ini," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pengendara roda 2 Zulfi menilai, kemacetan merupakan permasalahan yang pasti terjadi saat ada gelaran besar.

Untuk itu, dirinya berharap pihak terkait mampu mempersiapkan langkah antisipasi guna mengurangi kemungkinan-kemungkinan terburuk.

"Macet itu pasti, yang pasti petugas harus bersiap untuk hal-hal terburuk, misal ada kecelakaan lalin karena sampai padat seperti ini kan, itu harus sudah dipersiapkan," tandasnya.

Diketahui, upacara pembukaan Poprov Jatim 2022 memang mendapatkan atensi yang sangat baik dari masyarakat, terbukti sebanyak 15 ribu lebih penonton hadir pada acara tersebut. 



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV