SUARA INDONESIA

Jelang Nataru 2023, Harga Bahan Pokok di Pasar Kalisat Jember Merangkak Naik

Zainul Hasan - 17 December 2022 | 16:12 - Dibaca 1.61k kali
Peristiwa Daerah Jelang Nataru 2023, Harga Bahan Pokok di Pasar Kalisat Jember Merangkak Naik
Salah seorang pedagang di pasar tradisional Kalisat, saat melayani pembeli. (Foto: Zainul Hasan/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, beberapa bahan pokok (Bapok) di pasar tradisional Desa Glagahwero, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami kenaikan. Diantaranya beras, cabai, bawang putih, bawang merah, kunyit dan yang lainnya.

Salah seorang pedagang, Ibu Noval, mengatakan untuk harga beras dengan merek Macan saat ini sudah menyentuh harga Rp 60 ribu per kilogram. Padahal beberapa hari lalu harganya masih kisaran Rp 58 ribu per kilogram.

"Harga cabai besar juga naik. Dari Rp 40 ribu per kilogram jadi Rp 60 ribu per kilogramnya. Naiknya sejak semingguan belakangan ini," ucapnya, Sabtu (17/12/2022).

Selain itu, bawang putih juga menunjukkan adanya kenaikan sejak sepekan lalu. Dari harga Rp 10 ribu per kilogram menjadi Rp 20 Ribu per kilogram.

"Kunyit juga naik. Sekarang Rp 8 ribu per kilogram. Empat hari yang lalu masih Rp 2 ribu per kilogram," imbuhnya.

Bahkan ada salah satu komoditi yang harganya naik hingga dua kali lipat dibanding harga sebelumnya, yakni tomat. Harganya tembus Rp 15 ribu per kilogram.

"Padahal sebelumnya tomat masih Rp 7 ribu per kilogram. Wortel juga sudah di harga Rp 12 ribu per kilogram dari yang sebelumnya Rp 6 ribu per kilogram," ungkapnya.

Di sisi lain, salah seorang pelanggan pasar, Khodijah, meminta pemerintah daerah agar lebih sering memantau harga pasar.

"Soalnya barang-barang mulai naik semua. Sedangkan ekonomi warga belum pulih," ucapnya singkat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Zainul Hasan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV