SUARA INDONESIA

Lama Mangkrak, Bandara Notohadinegoro Jember Akhirnya Kembali Beroperasi

Zainul Hasan - 22 December 2022 | 20:12 - Dibaca 1.53k kali
Peristiwa Daerah Lama Mangkrak, Bandara Notohadinegoro Jember Akhirnya Kembali Beroperasi
Bupati Jember, Hendy Siswanto, bersama Kapten Rizky Fitriady dan Ketua TPPKK di Bandara Notohadinegoro. (Foto: Istimewa)

JEMBER - Setelah berbulan-bulan mangkrak, Bandara Notohadinegoro di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, akhirnya kembali beroperasi.

Penerbangan dengan rute Jember - Surabaya - Jember itu menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan EX berkapasitas 12 penumpang.

Penerbangan kali pertama dilakukan pada Kamis, 22 Desember 2022, hari ini.

Sayangnya, bandara yang dibangun diatas lahan 120 hektare menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Jember tersebut hanya bakal beroperasi selama tiga bulan ke depan.

Pesawat buatan Amerika Serikat itu dioperasikan oleh PT Amaya Alam Semesta. Dalam Sehari, penerbangan hanya akan dilakukan dua kali saja. 

Penerbangan ke-1 dengan rute Jember - Surabaya akan berangkat pukul 06.00 sampai 06.30 WIB. Sedangkan rute Surabaya - Jember berangkat pukul 06.45 sampai 17.15 WIB.

Kemudian penerbangan ke-2, rute Jember - Surabaya dijadwalkan pukul 16.00 sampai 16.30 WIB. Sedangkan rute Surabaya - Jember berangkat pukul 16.45 sampai 17.15 WIB.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, mencobanya secara langsung. Berangkat dari Surabaya pada pukul 16.30 WIB, dan tiba di Jember pukul 17.00 WIB.

"Take offnya enak sekali. Landingnya juga enak sekali. Kalau gak percaya, silakan coba sendiri," ucap Hendy.

Sementara, Kapten Rizky Fitriady mengatakan, pesawat Cessna merupakan salah satu pesawat yang khusus digunakan di landasan pendek.

"Kebetulan kita beroperasi di daerah Papua. Dan di sana, distrik yang ada di pedalaman bisa kita suplai dengan pesawat ini," ungkapnya.

Kapten Rizky memaparkan, salah satu kelebihan pesawat Cessna ialah memiliki kecepatan hingga 150 Knot.

"Yang kita tahu, yang kita tempuh dari Jember - Surabaya itu sekitar 30 sampai 35 Knot," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Zainul Hasan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV