SUARA INDONESIA

Ketua DPRD Temui Kajari Bondowoso, Berikan Dukungan Ungkap Dugaan Korupsi Bantuan Alsintan

Bahrullah - 21 February 2023 | 17:02 - Dibaca 1.55k kali
Peristiwa Daerah Ketua DPRD Temui Kajari Bondowoso, Berikan Dukungan Ungkap Dugaan Korupsi Bantuan Alsintan
Ahmad Dhafir Ketua DPRD Bondowoso bersama Kepala Kejari Bondowoso Puji Triasmoro di depan kantor Kejaksaan (Foto Istimewa)

BONDOWOSO - H. Ahmad Dhafir Ketua DPRD datang dan menemui Puji Triasmoro Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bondowoso, Jawa Timur.

Ketua DPRD Bondowoso itu menyatakan sikap dan memberikan dukungan penuh kepada Kajari untuk mengungkap kasus dugaan korupsi bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan).

"Saya datang ke Kejaksaan bukan dalam rangka melaporkan seseorang, bukan dalam rangka meminta perlindungan, tapi saya datang mewakili masyarakat, menyampaikan apresiasi bahwa Kejaksaan Negeri Bondowoso telah melaksanakan perintah Kejagung untuk mengusut tuntas kasus korupsi di Bondowoso," kata Ahmad Dhafir pada media, Selasa (21/2/2023).

Dhafir menuturkan, kesungguhan Kejaksaan dalam memproses korupsi itu patut diapresiasi. Seperti kasus korupsi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) misalnya, yang dilakukan berjamaah dan pelakunya sudah diproses, serta sudah diadili di pengadilan.

Yang tidak kalah penting, kata Ahmad Dhafir, memberikan dukungan pada Kajari atas kinerjanya dalam mengusut tuntas dugaan korupsi bantuan traktor yang berpotensi merugikan uang negara puluhan juta rupiah. 

"Yang dilihat bukan soal traktornya, tapi kalau ini dibiarkan, maka niat baik pemerintah pusat, dalam hal ini adalah Presiden Jokowi, akan gagal, karena Pak Jokowi memberikan bantuan traktor untuk meringankan beban petani," imbuhnya.

Menurut Dhafir potensi korupsi bantuan traktor terjadi karena ada sebab akibat.

"Sebabnya penerima bantuan traktor diduga dimintai uang dan akibatnya traktornya dijual," imbuhnya.

Ketua DPRD Bondowoso, yang juga alumni Pondok Pesantren Sidogiri ini mengapresiasi atas langkah yang telah diambil Kejaksaan, bahwa potensi korupsi bantuan traktor 2018 telah baik ke ranah penyidikan.

"Kami mendukung untuk mengusut tuntas, siapapun pelakunya. Kalaupun saya misalnya turut menggelapkan, atau turut menerima setoran, maka tangan saya akan saya serahkan ke Kejaksaan untuk turut diborgol, karena saya telah menjadi penghinaan rakyat," imbuhnya.

Dia juga meminta kepada Kejaksaan untuk mengusut tuntas bantuan Alsintan dari tahun 2004 sampai saat ini.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Kejaksaan bukan niat mau menghukum orang. Namun untuk melindungi hak-hak rakyat.

"Kejaksaan Negeri Bondowoso ingin turut serta mensejahterakan rakyat melalui penegakan hukum," pungkasnya.

Sementara, Puji Triasmoro Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso menyampaikan apresiasi pada Ketua DPRD yang telah memberi dukungan terhadap penegakan hukum dalam memberantas korupsi.

"Kami mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi pada Ketua DPRD telah memberi dukungan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV