SUARA INDONESIA

Program Khusus PMI Kabupaten Tegal, Dahsyatnya Donor Darah di Bulan Ramadan

Ade Windiarto - 21 March 2023 | 22:03 - Dibaca 1.65k kali
Peristiwa Daerah Program Khusus PMI Kabupaten Tegal, Dahsyatnya Donor Darah di Bulan Ramadan
Program PMI Kabupaten Tegal, Dahsyatnya Donor Darah di Bulan Ramadan (Foto : dok. PMI Kabupaten Tegal)

TEGAL - Selama bulan Ramadan PMI Kabupaten Tegal tetap akan membuka kegiatan donor darah bagi masyarakat yang akan mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. 

Menurut Humas PMI Kabupaten Tegal sekaligus Divisi Perekrutan Donor Darah, Mashuri, bahwa dalam bulan Ramadan ada program khusus PMI Kabupaten Tegal yaitu Dahsyatnya Donor Darah di Bulan Ramadan. 

"Di bulan Ramadan tentunya banyak warga yang antipati maupun khawatir untuk donor darah, padahal itu ngga apa-apa dan sesuai keputusan MUI pun hal tersebut tidak membatalkan puasa," terang Mashuri, Selasa (21/3/2023). 

Pihak PMI Kabupaten Tegal juga membuat kejutan spesial donor darah selama bulan Ramadan berupa bingkisan bagi para pendonor. 

"Selain ada bingkisan yang biasa kita bagikan, maka pada bulan Ramadan akan ada tambahan bingkisan berupa minyak sayur, susu kental manis, dan biskuit," paparnya.

Mashuri menjelaskan, sesuai dengan fatwa MUI tahun 2020, selama kita berpuasa diperbolehkan melakukan donor darah karena itu tidak membatalkan puasa. 

"Justru itu lebih bagus, karena di bulan Ramadan maka pahalanya berlipat, kesehatan pun tetap terjaga," jelasnya.

Sedangkan untuk tetap menjalankan program Dahsyatnya Donor Darah di Bulan Ramadan, tiap satu minggu akan dilakukan evaluasi, agar stok darah tetap aman. 

"Kita juga nanti akan mengajak instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta termasuk perusahaan yang ada di Kabupaten Tegal, serta kami tetap menjadwalkan kegiatan donor darah melalui mobil unit kalau biasanya pagi hari, maka selama bulan Ramadan dilakukan sehabis Shalat Tarawih," tandasnya. 

Disamping itu, PMI Kabupaten Tegal mengimbau kepada masyarakat agar tidak usah takut untuk melakukan donor darah selama Ramadan. 

"Untuk masyarakat Kabupaten Tegal, jangan sungkan donor darah, karena justru dengan donor darah maka sehatnya dapat, pahalanya berlipat," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ade Windiarto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV