SUARA INDONESIA

Jalan Rusak Parah, Dinas PUPR Riau Dinilai Tutup Mata

Jefri Hadi - 03 November 2020 | 14:11 - Dibaca 2.61k kali
Peristiwa Jalan Rusak Parah, Dinas PUPR Riau Dinilai Tutup Mata
Ket Foto: Satu unit truk pengangkut sawit terguling di ruas jalan Lintas Inhu Kuansing yang berlumpur setelah diguyur hujan.

RIAU - Kerusakan ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, tepatnya di Desa Bukit Selanjut dan Desa Simpang Kota Medan, Kecamatan Kelayang, kian parah.

Kendati demikian, pemerintah terkait dalam hal ini Dinas PUPR Provinsi Riau yang bertanggung jawab penuh atas hal itu, seakan tutup mata dan tak perduli dengan kondisi tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya upaya perbaikan oleh Dinas PUPR Riau, sejak beberapa tahun terakhir. Dan akibatnya, saat ini kondisi ruas jalan tersebut sudah seperti kubangan kerbau dikala hujan mengguyur daerah itu.

"Memang benar, saat hujan kondisi jalan berobah jadi genangan lumpur yang licin, dan debu dikala panas," kata Kurnia, warga Desa Bukit Selanjut kepada SuaraIndonesia.co.id, Selasa (3/11/2020).

Dampak tidak ada upaya perbaikan dari dinas terkait, saat ini pada permukaan jalan tersebut, terdapat ribuan lobang yang menganga dan setia menunggu pengendara sebagai korbannya.

Bahkan lanjut Kurnia, pada beberapa titik kedalaman lobang sudah lebih dari setengah meter, dengan diameter lebih dari 5 meter.

Parahnya lagi lanjut Kurnia, sejak dua minggu terakhir, hampir setiap hari ada mobil yang terguling di lokasi itu, terutama truk pengangkut kelapa sawit, dan batu bara yang rata-rata muatan dari truk tersebut melebihi kapasitas atau tonase.

Jika ada truk yang terguling, arus lalu lintas lansung macet, bahkan mencapai tiga kilometer. Baik itu dari arah Peranap menuju Pasir Penyu maupun sebaliknya, singkat Kurnia.

Menyikapi hal itu, anggota DPRD Inhu Trumen Victor meminta Pemprov Riau melalui instansi terkait, untuk segera melakukan perbaikan pada ruas jalan yang rusak tersebut.

"Ini tidak boleh didiamkan begitu saja, Dinas PUPR Riau harus tanggap dengan hal ini. Jika tidak, tentu kerusakan akan semangkin parah, dan akan berujung pada korban jiwa," ketus politisi muda Partai Perindo itu.

Victor juga mengaku, bahwa dirinya juga telah menghubungi pihak Dinas PUPR Inhu untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PUPR Riau.

"Kita berharap, dalam waktu dekat sudah ada upaya perbaikan yang dilakukan pihak dari Dinas PUPR Riau, karena ruas jalan ini adalah tanggung jawab mereka. Dan untuk diketahui, pada hari ini saja, sudah ada dua truk yang terjungkal di lokasi itu," singkat Victor. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Jefri Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV