SUARA INDONESIA

Kebakaran Kembali Melanda Lahan Kilang Tuban

Irqam - 10 September 2023 | 18:09 - Dibaca 2.15k kali
Peristiwa Kebakaran Kembali Melanda Lahan Kilang Tuban
Kebakaran kembali melanda lahan Kilang Tuban yang berada di Dusun Bogang, Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, (Foto: Irqam/Suaraindonesia.co.id)

TUBAN, Suaraindonesia.co.id - Kebakaran kembali melanda lahan proyek Grass Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban pada Minggu (10/09/2023). Kali ini, titik api muncul di lahan yang berada di Dusun Bogang, Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Informasi yang dihimpun, kebakaran lahan Kilang Tuban milik PT Kali Pertamina Internasional (KPI) ini terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Kobaran api yang besar serta kepulan asap pertama kali diketahui warga setempat yang kemudian dilaporkan ke kepolisian.

"Iya kebakaran lahan milik PT Pertamina kembali terjadi siang tadi," kata Kapolsek Jenu, Polres Tuban Rianto kepada awak media, Minggu (10/09/2023).

Rianto menyebut, dari keterangan warga setempat awalnya muncul 2 titik sumber api di lokasi kebakaran, yakni timur dan barat. Untuk memadamkan kebakaran lahan Kilang Tuban tersebut, sebanyak 6 mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) diterjunkan.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, lanjut Rianto, berhasil memadamkan api sekitar pukul 16.30 WIB dan saat ini masih dilakukan upaya pembahasan untuk mencegah munculnya titik api baru.

"Api bisa baru bisa dipadamkan tiga jam kemudian setelah mobil Damkar Pemkab Tuban dibantu dari PLTU, TPPI serta warga setempat," ungkap Rianto.

Rianto mengatakan, pihaknya belum diketahui luasan pasti serta penyebab kebakaran lahan Kilang Tuban tersebut. "Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," ujarnya.

Sementara itu, Corporate Affair PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) Yuli Wahyu Witantra mengungkapkan, tim GRR saat ini masih berjaga di lahan yang terbakar. 

"Sudah berhasil dipadamkan oleh tim di lapangan, saat ini tim GRR Tuban masih berjaga di perimeter," kata Yuli.

Sebelumnya, kebakaran lahan di proyek Strategis Nasional (PSN) yang berada wilayah Desa Sumurgeneg, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban sudah terjadi dua kali. 

Kejadian pertama pada Kamis 31 Agustus dengan luasan sekitar 5 hektar. Kemudian, Senin 4 September lahan Kilang Tuban kembali terbakar seluas 10 hektar. Kedua kejadian itu berada di Desa Sumurgeneg, Kecamatan Jenu.

Dari peristiwa tersebut, Yuli—sapaannya menyebutkan pihak KPI dan GRR Tuban akan melakukan evaluasi. "Pasti ada evaluasi, tim PT Kilang Pertamina Internasional - GRR Tuban sedang menyiapkan, perlu waktu dan ditangani oleh tim yang relevan dan kompeten," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV