SUARA INDONESIA

Laka Laut di Perairan Cilacap, 2 Nelayan Meninggal Dunia

Satria Galih Saputra - 20 December 2023 | 22:12 - Dibaca 876 kali
Peristiwa Laka Laut di Perairan Cilacap, 2 Nelayan Meninggal Dunia
Salah satu nelayan korban laka laut di perairan Pantai Glempang Pasir, di Kecamatan Adipala, Cilacap saat dievakuasi Tim SAR Gabungan. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Kecelakaan laut terjadi di perairan Pantai Glempang Pasir, di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah pada Selasa (19/12/2023) malam. Dua orang nelayan meninggal dunia usai tenggelam saat terjatuh dari kapal. 

Kronologi kejadian bermula saat kapal yang dinaiki oleh kedua nelayan tersebut terbalik akibat dihantam ombak saat melaut. 

"Setelah mendapat laporan, satu Tim Rescue kami terjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap kedua korban," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa, Rabu (20/12/2023). 

Lebih lanjut sekitar pukul 23.20 WIB, korban pertama bernama Karyoto (42) warga Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia terapung di permukaan air di sekitar lokasi kejadian. 

"Setelah ditemukan, tim langsung melakukan evakuasi dan membawa jasad korban ke Puskesmas Adipala 2 untuk mendapatkan penanganan," kata Adah. 

Selanjutnya tim dari Basarnas dibantu unsur SAR lainnya melanjutkan pencarian korban kedua di tepian pantai dan pemantauan menggunakan Drone Thermal. 

Adapun alut yang digunakan diantaranya 1 Unit Rescue Car Type 2, 1 Unit Rescue Carrier, 1 Unit Perahu Karet, 3 Set Palsar Air Lengkap, 1 Set Aqua Eye, 3 Set Alkom, 1 Set Drone Mavic 3 Thermal.

"Dan pada hari ini, sekitar pukul 12.20 WIB, tim berhasil menemukan korban lainnya bernama Nurohman (31) asal Desa Bandengan RT 01 RW 01 Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dalam keadaan meninggal dunia," jelas Adah. 

Korban ditemukan saat tim melakukan penyisiran di atas permukaan air, kemudian mendapatkan informasi dari nelayan sekitar bahwa ditemukan jenazah yang tersangkut di jaring nelayan di sekitar Perairan Sodong dengan jarak 2 KM ke arah timur dari lokasi kejadian. 

"Setelah dievakuasi, korban selanjutnya di bawa ke RSUD Cilacap untuk penanganan lebih lanjut," pungkas Adah. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV