SUARA INDONESIA

Tinjau Arus Nataru di Pelabuhan Ketapang, Sahli Sosbud Kapolri: Semua Masih Aman Terkendali

Muhammad Nurul Yaqin - 26 December 2023 | 15:12 - Dibaca 969 kali
Peristiwa Tinjau Arus Nataru di Pelabuhan Ketapang, Sahli Sosbud Kapolri: Semua Masih Aman Terkendali
Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Randy Asdar menerangkan skema arus lalu lintas mengantisipasi lonjakan mudik nataru kepada Staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri, Irjen Pol Hendro Pandowo.

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Tim dari Mabes Polri yang dipimpin langsung Staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri, Irjen Pol Hendro Pandowo, meninjau arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan ASDP Ketapang, Selasa (26/12/2023).

Peninjauan ke Pelabuhan Ketapang, Sahli Sosbud Kapolri, Irjen Pol Hendro Pandowo didampingi Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Randy Asdar, dan General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Syamsudin.

Irjen Hendro Pandowo menyebut, arus mudik Nataru dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, dan sebaliknya terpantau masih aman terkendali.

Tim dari Mabes Polri ini sengaja berkunjung ke Banyuwangi memang untuk memastikan situasi berjalan lancar dan aman. Sebab, mudik di saat libur Nataru merupakan bagian dari tradisi dan sudah membudaya, layaknya musim mudik lebaran.

"Tadi sudah kita lakukan pengecekan dan pemantauan, sudah aman bagus," tegas Hendro sembari meninggalkan Ketapang.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Randy Asdar yang turut mendampingi mengatakan, pergerakan arus lalu lintas libur natal dimulai pada tanggal 22 - 27 Desember. Sementara arus lalu lintas libur tahun baru diprediksi mulai tanggal 28 Desember 2023 - 4 Januari 2024. 

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di libur tahun baru, Satlantas Polresta Banyuwangi telah menyiapkan beberapa skema, diantaranya optimalisasi jalur lintas utara Situbondo dan jalur lintas selatan Jember.

Randy sempat menerangkan skema itu kepada Irjen Hendro Pandowo, yang tengah meninjau Operasi Lilin Semeru dalam rangka pengamanan Nataru tersebut.

"Arus yang diperkirakan tinggi nanti saat arus balik dari Bali, Jendral. Kami siapkan rekayasa lalu lintas dengan mengoptimalkan jalur lintas selatan dan Utara. Para perwira juga siaga 24 jam memantau CCTV yang terkoneksi langsung dengan ponsel," jelas Randy.

Satlantas juga telah berkoordinasi dengan lintas stakeholder seperti ASDP hingga Perusahaan Pelayaran untuk mengurai kepadatan nantinya. 

"Kami sudah berkoordinasi dan kita pastikan semua siap. Kantong-kantong parkir juga disiapkan, termasuk jika padat langsung operasional kapal ditambah," ujar Randy dihadapan Kapolresta Banyuwangi dan GM ASDP Ketapang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV