SUARA INDONESIA

Berniat Selamatkan Bebek, Pria di Cilacap Hanyut dan Tenggelam di Sungai

Satria Galih Saputra - 14 March 2024 | 22:03 - Dibaca 465 kali
Peristiwa Berniat Selamatkan Bebek, Pria di Cilacap Hanyut dan Tenggelam di Sungai
Tim Rescue Basarnas saat melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Citanduy, Cilacap. (Foto: Humas Basarnas/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Nasib malang menimpa Kuswanto (40) warga Desa Rawaapu RT 03 RW 09 Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Berniat selamatkan sejumlah bebek tercebur di sungai usai dibuang warga sekitar, malah berujung petaka. Insiden tersebut terjadi pada Kamis (14/3/2023) sore. 

Kejadian bermula saat korban bersama rekannya sedang memancing ikan di Sungai Citanduy sekitar pukul 14.20 WIB. Tiba-tiba korban melihat ada seorang warga membuang bebek ke sungai.

Mengetahui hal tersebut, korban kemudian berniat menyelamatkan bebek-bebek tersebut dengan menceburkan diri ke sungai dan mengejarnya. 

"Setelah berhasil mendapatkan dua ekor bebek, korban lalu menepi untuk menaruh bebek tersebut dan berenang kembali ke tengah sungai, berniat menyelamatkan bebek yang lain," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap Adah Sudarsa. 

Diduga mengalami kelelahan saat hendak menepi, korban akhirnya hanyut dan tenggelam. Rekan korban yang mengetahuinya lalu meminta bantuan kepada warga sekitar.

Lebih lanjut, setelah hanyut dan tenggelam, korban dilaporkan hilang. Mendapat laporan adanya kondisi membahayakan manusia terhadap 1 orang tenggelam, Tim Rescue Basarnas lalu bergerak cepat ke lokasi kejadian guna melakukan pencarian. 

"Sesampainya di lokasi, Tim selanjutnya berkoordinasi dengan aparat setempat beserta potensi SAR lainnya, kemudian melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian," kata Adah. 

Adapun alut yang digunakan diantaranya Rescue Car Carrier, Rescue Car Type II, Rubber Boat, Underwater Searching Device, Alat Pendukung Air Lengkap, Perlengkapan Medis, Drone Thermal UAV, dan Alat Komunikasi. 

"Saat ini korban masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan. Mudah-mudahan korban dapat segera diketemukan," tutup Adah. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV