SUARA INDONESIA

Giat Polres Blora, Ketua PWI: Jangan Rendahkan Profesi Wartawan

Gunawan - 01 April 2024 | 11:04 - Dibaca 564 kali
Peristiwa Giat Polres Blora, Ketua PWI: Jangan Rendahkan Profesi Wartawan
Polres Blora saat gelar acara

SUARA INDONESIA, BLORA - Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyesalkan giat Polres Blora berjudul "Pembinaan Wartawan Kapolres Blora kepada Wartawan Kabupaten Blora" yang digelar pada Jumat, 29 Maret 2024, di Mapolres Blora.

Dalam kegiatan tersebut Polres Blora mengundang sejumlah wartawan di Blora, untuk menghadiri acara yang digelar di gedung Arya Guna Polres Blora menjelang berbuka puasa.

Ketua PWI Blora Heri Purnomo, mengatakan bahwa wartawan itu punya Undang -Undang (UU) Pers nomor 40 tahun 1999 dan didalamnya terdapat Kode Etik Jurnalistik.

Menurutnya, UU Pers mengatur pembentukan lembaga Pers dan Media Massa. Lembaga resmi tersebutlah yang melakukan pembinaan terhadap wartawan.

Salah satunya PWI, yang setiap tahunnya menggelar Orientasi dan Uji Kompetisi Wartawan sebagai bentuk pembinaan dan ujian kepada semua wartawan, agar menjadi jurnalis yang profesional dan kompeten.

"Bukan Polres. Ini kok jadi rancu ya, masalahnya selama ini kita menjadi mitra. Bahkan, kita pernah menggelar pelatihan bersama humas Polres maupun yang lainnya," ungkap Heri

"Mohon maaf, seolah-olah terkesan melecehkan wartawan," imbuhnya.

Ditambahkan Heri, PWI sebagai lembaga Pers tertua di Indonesia, miris melihat judul kegiatan itu.

"Kita kan bukan anggota mereka. Kenapa harus dilakukan pembinaan oleh mereka, lembaga vertikal. Kita punya lembaga sendiri," jelas Heri.

Ia berharap wartawan dan jurnalis memahami hal ini. Ini profesi mulia (wartawan, red), jangan sampai melecehkan.

"Semua orang butuh uang, namun jangan rendahkan profesi Wartawan," tutup Heri.

Sebelumnya pada Jumat, (29/03/2024), Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kedatangan seluruh tamu undangan yang hadir. 

"Kami haturkan permohonan maaf dari Bapak Kapolres yang seyogyanya akan hadir secara langsung, namun demikian karena beliau ada tugas sehingga kami mewakili beliau disini. Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang sudah berkenan hadir," ucap Wakapolres Blora, di Aula Arya Guna Polres Blora.

Lebih lanjut Wakapolres juga menyampaikan pesan bahwa Polres Blora mohon dukungan dari para wartawan serta tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta PP Polri dan Warakawuri yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Tentunya kami mohon sinergi dan dukungannya dari rekan rekan wartawan dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Blora guna menjaga situasi kamtibmas di kabupaten Blora agar tetap aman dan kondusif. Terutama pada saat bulan puasa dan menjelang lebaran," tambah Wakapolres Blora.

Hadir Dalam Kegiatan Tersebut, Kapolres Blora yang diwakili Wakapolres Kompol Riwayat Sosiyanto, Pejabat Utama Polres Blora, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Blora, Perwakilan PP Polri Dan Warakawuri serta Wartawan Kabupaten Blora.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV