SUARA INDONESIA

Pendaftaran Bacaleg Ditutup, Masih ada 7 Parpol di Situbondo yang Belum Mendaftar

Syamsuri - 14 May 2023 | 14:05 - Dibaca 3.28k kali
Politik Pendaftaran Bacaleg Ditutup, Masih ada 7 Parpol di Situbondo yang Belum Mendaftar
Ketua DPD Golkar Situbondo, Rahmad Saat Memberikan Keterangan Kepada Awak Media (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - KPU Situbondo resmi menutup pendaftaran Bacaleg hari ini, tepatnya hari Minggu 14 Mei 2023.

Hasilnya, ada sebanyak 10 partai politik yang mengajukan berkas pendaftaran ke KPU dan telah dinyatakan lengkap dan benar. 

Dari 10 Parpol yang telah dinyatakan lengkap dan benar oleh KPU Situbondo tersebut diantaranya Partai Hanura, PDIP, PAN, Nasdem, PKS, PBB, PKB, Gerindra, PPP dan partai Golkar. Masih tersisa 7 parpol yang belum mendaftar. 

"Sampai hari ini minggu (14/5) pukul 11.00 WIB sudah ada 10 parpol politik yang mengajukan pendaftaran ke KPU Situbondo, termasuk PPP yang kemarin persyaratannya dinyatakan belum lengkap dan benar," ungkap Ketua KPU Situbondo, Marwoto, minggu (14/5/2023) siang. 

Ia menjelaskan, sekitar pukul 08.00 WIB, PPP Situbondo sudah melengkapi semua persyaratan yang kemarin dinyatakan belum lengkap, dan setelah diperiksa oleh tim IT KPU dinyatakan sudah lengkap dan benar dan sudah tidak ada masalah," bebernya. 

Sementara, Ketua DPD Golkar Situbondo, Rahmad, SH. M.Hum mengatakan, Partai Golkar sudah mendaftarkan 45 Bacalegnya dari unsur laki laki 26 orang, dan unsur perempuan sebanyak 19 orang.

Dari jumlah tersebut, sudah memenuhi kouta perempuan sesuai PKPU 10 tahun 2023.

"Alhamdulillah pemeriksaan syarat pencalonan yang sudah diajukan oleh Partai Golkar ke KPU Situbondo dalam waktu 15 menit sudah selesai, hasilnya setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim IT KPU semua persyaratan dinyatakan lengkap dan benar," jelasnya.

Kata Rahmat, pihaknya masih menunggu dari KPU Situbondo apabila nanti dalam masa perbaikan ada dokumen yang ditemukan perlu adanya perbaikan perbaikan yang harus dilengkapi dan dipenuhi. 

"Ya kita tunggu saja nanti hasilnya. Target kita dari hasil presentasi di masing-masing Dapil mulai dari dapil 1 sampai 7 dari 45 Bacaleg yang kita daftarkan dan siap mengikuti kontestan di pemilu 2024 itu di masing-masing dapil minimal mendapatkan satu kursi di DPRD. Jadi kalau semuanya berhasil, berarti totalnya sebanyak 7 kursi, ini yang kita harapkan, kalau nanti lebih dari target itu adalah hadiah kita," bebernya.

Kemudian untuk Bacaleg dari Partai Golkar saat ini, itu berbeda dengan partai lain yaitu instruksi dari DPP menyerahkan Bacaleg di seluruh Indonesia berdasar abjad, tidak berdasarkan juklak berdasarkan ketentuan Caleg. 

"Partai Golkar ini berdasarkan aspek pengabdian, keterpilihan, penugasan fungsionaris dan yang terakhir aspek latar belakang pendidikan, itu yang kita gunakan, dan 4 aspek itulah yang menentukan nomor urut dari caleg," tutupnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV