SUARA INDONESIA

Anggota DPRD Bersama Kader Golkar Gandeng Bakesbangpol Situbondo Kaji Banding ke Yogyakarta

Syamsuri - 14 June 2023 | 12:06 - Dibaca 944 kali
Politik Anggota DPRD Bersama Kader Golkar Gandeng Bakesbangpol Situbondo Kaji Banding ke Yogyakarta
Anggota DPRD Bersama Kader Golkar Gandeng Bakesbangpol Situbondo Saat Melakukan Kaji Banding ke Yogyakarta (Foto : DPRD Situbondo)

YOGYAKARTA, Suaraindonesia.co.id - Anggota DPRD dan kader Partai Golkar menggandeng Bakesbangpol Situbondo melakukan kaji banding ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogyakarta.

Rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Yogyakarta beserta jajarannya, Selasa kemarin (13/06/2023).

Rombongan kaji banding yang dipimpin oleh Kabid Poldagri Bakesbangpol Situbondo H. Suyono ini diikuti sebanyak 90 rombongan yang terdiri dari 70 konstituen Partai politik Golkar dan 20 orang dari Bakesbangpol Kabupaten Situbondo. 

Kepala BaKesbangpol Situbondo melalui Kabid Poldagri Kesbangpol H.Suyono mengatakan, kegiatan Kaji Banding ke Yogyakarta ini merupakan kegiatan yang bersumber dari pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Situbondo yang diarahkan dalam rangka memantapkan demokrasi pada kehidupan masyarakat. 

"Pendidikan politik merupakan salah satu upaya yang tepat dalam menyatukan pemahaman masyarakat terhadap politik yang berpedoman pada norma-norma atau kaidah bangsa Indonesia," jelasnya. 

Yon sapaan akrab Suyono mengatakan, pendidikan politik merupakan suatu upaya edukatif yang intensional dan sistematis untuk membentuk insan masyarakat yang sadar politik, dan mampu menjadi pelaku politik yang bertanggungjawab secara etis atau moril yang dalam prosesnya melibatkan semua golongan. 

"Sehubungan dengan kegiatan kaji banding ini, kami telah menyampaikan beberapa pertanyaan kepada bakesbangpol Yogyakarta untuk memberikan masukan, saran, dan pendapat sehingga dapat kami jadikan sebagai bekal atau pedoman dalam melaksanakan kegiatan Bakesbangpol Kabupaten Situbondo," terangnya. 

Dia menambahkan, kaji banding ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsi partai politik untuk berpartisipasi dalam pembangunan. 

"Tentu kaji banding ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja dan program pengurus Parpol dalam menjalankan tugas dan fungsi kerjanya," ungkap Suyono usai pertemuan di Kantor Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta. 

Sementara itu, menurut Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar Heroe Sugihartono, masyarakat harus mendapatkan edukasi pemahaman berpolitik yang baik dan benar untuk itu kegiatan sosialisasi pendidikan politik sangat penting dilaksanakan

"Untuk itu, menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat untuk membentuk kedewasaan masyarakat dalam berpolitik dan meningkatkan kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya. 

Selain itu, konstituen ini melakukan kaji banding ke Bakesbangpol Kota Yogyakarta juga bertujuan ingin mengadopsi tata cara pengelolaan bantuan keuangan untuk partai.

"Harapan kita jangan sampai teman-teman Parpol di Situbondo ini ada temuan apalagi harus mengembalikan uang. Jadi kita belajar disini bagaimana cara peng-SPJ-an dan trik-triknya agar tidak menjadi temuan dari BPK," kata Heroe. 

Dalam kunjungannya, semua Kader Golkar dan konstituen yang ikut sekaligus bertanya mengenai kesiapan Kota Yogyakarta untuk Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 termasuk penganggaran dan pengamanannya seperti apa nantinya. 

"Alhamdulilah teman-teman kami dari partai Golkar dan kader Golkar diterima dengan baik, kita dapat ilmu. Dan memang waktunya sangat terbatas mungkin bisa berkomunikasi lewat media Wa dan email. Kesimpulannya Kota Yogyakarta sangat luar biasa. APBD-nya sangat besar sehingga bisa leluasa untuk menganggarkan kegiatan yang ada," ucapnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV