SUARA INDONESIA

Bawaslu Jombang Pastikan Keamanan Logistik Pemilu dan Petakan TPS Rawan Bencana

Gono Dwi Santoso - 26 December 2023 | 20:12 - Dibaca 1.05k kali
Politik Bawaslu Jombang Pastikan Keamanan Logistik Pemilu dan Petakan TPS Rawan Bencana
Ketua Bawaslu Jombang Dafid Budiyanto saat membuka acara gathering dengan media cetak dan elektronik di kantor Bawaslu Jombang, Selasa ( 26/12/2023).

 SUARA INDONESIA, JOMBANG - Bawaslu Jombang, Jawa Timur, menyampaikan pentingnya keamanan logistik pemilu dalam pemilu serentak tahun 2024, serta melakukan mitigasi bencana dimana titik rawan bencana alam di pemilu serentak 14 Februari 2024.

Penyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Jombang Dafid Budiyanto saat membuka acara gathering dengan media cetak dan elektronik di kantor Bawaslu Jombang, Selasa (26/12/2023) malam.

Dalam sambutannya, Dafid Budiyanto mengatakan, saat ini Bawaslu Jombang akan melakukan perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 3.858 orang yang akan mengawasi 3.858 TPS di kabupaten setempat.

"Selain akan merekrut PTPS, juga mengawasi kampanye dan kedatangan logistik pemilu yang sudah tiba di gudang KPU Jombang," terangnya.

Dafid menjelaskan, Bawaslu Jombang juga sudah melakukan mitigasi guna menyiapkan langkah antisipasi bencana yang ada di ratusan TPS tersebut. Untuk Kecamatan Mojoagung dan Ploso, potensi banjir sedangkan Kecamatan Bareng, TPS dalam ancaman bencana longsor.

"Kalau jumlah secara detail saya kurang hapal yang pasti jumlahnya mencapai ratusan. TPS itu berada di Kecamatan Mojoagung, Bareng dan Ploso," paparnya.

Dafid mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah pemetaan salah satunya dengan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang. Sehingga ketika terjadi sesuatu, bisa langsung merespons dengan cepat.

Kemudian dari hasil mitigasi itu, jika  dimungkinkan akan terjadi bencana, Bawaslu bisa merekomendasikan pemindahan TPS. Hal ini mengingat pada saat Pemilu 14 Februari 2023, intensitas hujan sedang tinggi-tingginya.

"Kami sudah berdiskusi dengan BPBD Jombang, kecamatan setempat terkait kerawanan tersebut. Karena 14 Februari 2024 itu intensitas hujan sangat tinggi. Melalui diskusi tersebut pihak terkait kita ajak melakukan antisipasi," ujarnya.

Dafid berharap kerawanan tersebut tidak berubah menjadi bencana. Sehingga proses pencoblosan hingga penghitungan suara dalam Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman dan lancar. 

"Harapan kami Pemilu 2024 berlangsung aman dan lancar, tidak ada gangguan apapun di kabupaten Jombang," tutupnya.(*).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV