SUARA INDONESIA

Tersisa Empat Kecamatan, KPU Jombang Kebut Rekapitulasi Penghitungan Suara

Gono Dwi Santoso - 24 February 2024 | 16:02 - Dibaca 1.32k kali
Politik Tersisa Empat Kecamatan, KPU Jombang Kebut Rekapitulasi Penghitungan Suara
Suasana rekapitulasi hasil pemilu oleh PPK di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Sabtu (24/02/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- KPU Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sudah menyelesaikan rekapitulasi suara di 17 kecamatan di kabupaten setempat. Meski demikian, masih kurang empat kecamatan lagi yang dijadwalkan selesai besok.

Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, rekapitulasi di tingkat kecamatan sudah dilaksanakan sejak 20 Februari dan ditarget selesai pada 25 Februari, besok.

“Ada 17 kecamatan dari 21 kecamatan yang yang telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024," terangnya, Sabtu (24/02/2024).

Burhan mengklaim, secara umum pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kecamatan berjalan dengan baik dan terbuka. Jika terdapat kesalahan dalam rekapitulasi, bisa segera diperbaiki yang disaksikan seluruh saksi yang hadir dan pengawas pemilu.

Menurutnya, dalam rekapitulasi tingkat kecamatan pada Pemilu 2024 ini berbeda dengan Pemilu 2019 lalu. Rekapitulasi kali ini dilakukan dengan membuka dan menampilkan formulir model C-Hasil dari semua jenjang pemilihan. Mulai tingkat kabupaten, provinsi, pusat, DPD hingga pasangan presiden.

Selain itu, juga menampilkan data dan foto dalam Sirekap menggunakan layar proyektor. Selanjutnya, PPS membaca data dalam formulir model C-Hasil untuk semua jenis pemilu.

"Adapun saksi dan pengawas kecamatan mencocokkan data yang ada dalam formulir model C-Hasil salinan yang sudah diterima dengan model C-Hasil semua jenis pemilu, juga data dan foto dalam Sirekap," terangnya.

Burhan mengaku, pihaknya akan melakukan pembetulan pada Sirekap bila terdapat perbedaan data antara Sirekap dengan formulir C-Hasil dalam rekapitulasi di kecamatan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV