UniqMag

Jember Masih Belum Miliki Grand Design Pengentasan Kemiskinan

berita terkini
Pak Dul, Warga Miskin asal Desa Garahan Kecamatan Silo Jember

JEMBER, (SUARA INDONESIA) - Asisten 2 Pemkab Jember, Edy Budi Susilo, berharap Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) segera menyusun grand design pengentasan kemiskinan.

Menurutnya, hingga saat ini baru terealisasi 0,25 persen dari yang ditargetkan. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS),.

“Realita di lapangan penurunan jumlah kemiskinan di Jember tahun 2016 lalu hanya sebesar 0,25 persen. Angka tersebut dinilai masih jauh dari target Pemkab Jember selama 5 tahun kedepan,” jelas Edy, Jumat (07/09) kemarin.

Melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Edy meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam TKPKD segera menyusun grand design program pengentasan kemiskinan tersebut.

“Grand design itu meliputi program, kegiatan, anggaran, dan sasaran yang jelas dan rasional sehingga program pengentasan kemiskinan di Jember lebih terukur,” ujarnya.

Edy menambahkan, selain pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Pemkab juga harus menyiapkan Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) sebagai bentuk kajian berbasis data kemiskinan di Jember.

“Dengan demikian, selanjutnya tinggal melakukan evaluasi bersama kinerja TKPKD maupun SPKD tersebut,” tutupnya.

Reporter : Rahmat Hidayat
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Polres Situbondo Amankan Penjual Miras Jenis Arak
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda