UniqMag

Pameran 5 Hari di JCC Dekranasda Kubar Dapat Rp 27,2 Juta  

berita terkini
Ketua Dekranasda Yayuk Seri Rahayu Yapan (baju putih) saat di stan Jakarta Convention Center (JCC)
SAMARINDA (Suara Indonesia) - Omzet penjualan yang diperoleh Dekranasda Kubar pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Dekranas 2017 selama lima hari di Jakarta Convention Center (JCC) mencapai Rp 27,2 juta belum lama ini.

Sekretaris Dekranasda Kubar Yuyun Diah S merincikan, omzet penjualan tersebut dari kerajinan tenun doyo Rp 7 juta. Anyaman rotan Rp 7,1 juta,jomoq atau kerajinan dari kulit kayu Rp 3,5 juta. Tumpar Rp 5,7 juta dan tenun Badong Rp 3,9 juta.

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, pameran ini untuk mendukung ekonomi kreatif, mewujudkan Kubar sejahtera dan mandiri. “Dengan kerajinan membantu pemerintah meningkatkan perekonomian Kubar. Menambah nilai ekonomi bagi perajin itu sendiri,” katanya.

Dekranasda ke depan akan terus membina para perajin dan meningkatkan kualitas dan kuantitas kerajinan. Bagi generasi muda, diharapkan bisa meneruskan dan melestarikan kerajinan-kerajinan Kubar. “Jangan pernah malu menggunakan produk kerajinan Kubar. Karena dengan menggunakannya, berarti dengan tidak langsung ikut mempromosikannya,” imbaunya.

Yayuk menambahkan, pihaknya membawa enam perajin yang terdiri dari tenun doyo, badong, rotan, tumpar, dan jomoq. Tujuannya, mereka dapat melihat langsung kerajinan dari kabupaten/kota se-Indonesia. Sehingga membuka wawasan dan motivasi untuk berkarya lebih baik. Di antaranya memodifikasi kerajinan dan cara pengemasannya.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bankaltim Cabang Sendawar yang sudah mendukung dan menjadi sponsor setiap kegiatan Dekranasda. Semoga kerja sama ini tetap berlanjut dalam membantu dan meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kubar,” paparnya.

Sementara itu, Yohanes Nyorong, perajin jomoq Kampung Kelumpang, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kubar dan Dekranasda yang mengajak ikut pameran.

“Pameran ini luar biasa, mempromosikan produk yang bagus dan kreatif. Kami banyak belajar dari industri peserta pameran dari berbagai daerah se-Indonesia tentang cara pengemasan dan hal lainnya,” tambahnya.

 
Reporter : Muhammad
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Pengusaha Bali Lirik Kaligrafi Cukli Mataram
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda