UniqMag

BPTP Kaltim Buka Sawah Baru

berita terkini
Kepala BPTP Kaltim Muhammad Amin (empat dari kanan) saat Menanam Padi Bersama

SAMARINDA, (suaraindonesia.co.id)– Guna mendukung program swasembada beras secara nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) membuat  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan terus melakukan pembukaan lahan persawahan baru. 

Seperti yang dilakukan kelompok tani Suka Maju, di Kelurahan Loak Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Dengan membuka lahan seluas 30 hektare yang ditanami bibit padi  Varietas Unggul Baru (VUB) Amfibi Inpago 5.

“Saat ini lahan yang sudah dibuka dan siap tanam 30 hektare. Akan tetapi, kawasan ini memiliki potensi dibuka lebih luas lagi yakni mencapai 80 hektare,” terang Kepala BPTP Kaltim Muhammad Amin saat melakukan tanam padi, Selasa (14/11).

Dia menambahkan, lahan yang baru dibuka menjadi lahan persawahan tersebut sebelumnya sudah 15 tahun tidak dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Hal ini disebabkan akibat dampak dari aktivitas lahan tambang. Lahan tersebut saat ini dijadikan kawasan demfarm dari BPTP Kaltim.

Tanam perdana tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala BPTP Kaltim, serta diikuti oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kaltim serta kota Samarinda, Kodim 0901/ Samarinda, Camat Sungai Kunjang, Lurah Lok Bahu, Gapoktan serta PPL. 

VUB Inpago 5 terbukti tahan terhadap cuaca ekstrem pada kondisi tergenang maupun kawasan kering. Jenis ini merupakan solusi dan sangat cocok untuk dikembangkan di Samarinda mengingat kondisi alamnya sangat ekstrem. 

Komoditas unggulan menurut Amin harus ditingkatkan, target luas tambah tanam (LTT) dioptimalkan di lahan yang belum dibangun. Sehingga produktifitas meningkat didukung dengan inovasi teknologi. 

BPTP Kaltim akan terus mendampingi dari sisi inovasi teknologi yang dimiliki, mulai dari budidaya tanaman, hama penyakit serta mekanisasi alat–alat pertanian.

Reporter : Muhammad
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Pemprov Papua Barat Bakal Fasilitasi Ziarah Tanah Suci Umat Beragama
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda