UniqMag

BPTP Kaltim Kembangkan Varietas Mekongga di Samarinda

berita terkini
Kepala BPTP Kaltim, Muhammad Amin saat Panen Bersama di Desa Lempake Samarinda

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) - Guna mendukung swasembada pangan Indonesia, khususnya wilayah Kaltim, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim terus menggalakkan penanaman benih unggul. Salah satu benih unggul tersebut yang terus dikembangkan adalah varietas Mekongga.

Varietas tersebut, dengan ditaman sistem jajar legowo dalam satu hektare bisa menghasilkan 8,5 ton. Sehingga menjadi primadona tersendiri untuk terus dikembangkan kepada para petani yang ada di wilayah Kaltim.

“Varietas tersebut ditanam dengan menggunakan sistem jajar legowo 2:1. Petani belajar dari media sosial, radio dan TV berita Kementan mengenai teknologi penanaman padi sawah yang dengan system tersebut bisa meningkatkan produksi. Ternyata petani membuktikan dan hasil produksinya sangat memuaskan,” terang ketua BPTP Kaltim Muhammad Amin.

Amin sapaan akrabnya menjelaskan, jika para petani yang berada di Desa Lempake Samarinda, untuk pemupukannya menggunakan system pupuk organic. Pupuk tersebut didapat dari jerami dan tanaman yang ada di sekitar. Dan pematang sawah bisa ditanami tumbuhan keladi yang bisa bermanfaat mengurangi tanaman terserang penyakit.

“Varietas ini juga unggul dari serangan hama tikus. Pasalnya varietas ini jarang terkena serangan hewan pengerat,” tambahnya. 

Potensi penambahan lahan sawah baru di Kaltim menurutnya masih terbuka luas. Untuk di Samarinda khususnya diwilayah Lempake masih memiliki potensi pembukaan lahan baru seluas 100 hektar lebih. Sehingga pihaknya akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat petani untuk terus menanam padi dengan varietas unggul. 

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Panglima Hadi Tjahjanto: Alutsista 30 Persen Dialokasian untuk TNI AD
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda