UniqMag

Kaltim Panen Raya, Swasembada Beras Berkelanjutan

berita terkini
Muhammad Amin (empat dari kiri) saat memanen padi Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Kukar

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim gencar melakukan panen padi bersama petani. Terahir dilakukan di Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Pusat Penelitian dan Pengembangan Hotikultura (Puslitbanghorti)   Kementerian Pertanian (Kementan) Selasa (19/12/2017).

“Alhamdulillah di Desember ini kami sudah melakukan panen sesui anjuar Kementerian Pertanian yang mana tiada hari tanpa memanen,” terang Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim Muhammad Amin.

Menurutnya, Kaltim memiliki pola tanama yang tidak sama disetiap wilayahnya. Sehingga ketika panen pun juga tidak sama. Dan panen raya wilayah Kaltim ini akan berlanjut hingga Februari tahun depan.

Sehingga dapat diharapan hasil panen tersebut dapat memenuhi memenuhi kebutuhan beras secara nasional khususnya di Kaltim. Sejak dua tahun terakhir Kaltim telah swasembada beras untuk kebutuhan daerah yang mana saat ini, terus dipertahankan agar bisa berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Dalam musim panen kali ini, ada beberapa varietas unggul dari Badan Litbang Pertanian yang  dikembangkan masyarakat seperti Impari 23, Impari 33, Impari 30 dan Mikongga. Varietas tersebut sangat pas untuk lahan persawahan diwilayah Kaltim. Sehingga menghasilkan lebih dari 7 ton per hektare.

“Kedepannya dibutuhkan sinergitas tidak hanya pemerintah tapi juga pihak swasta dalam hal ini perusahaan dengan demikian indeks pertanian di Kaltim bisa lebih baik,” tambahnya.

(Muhammad)

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Liburan Sekolah, Terminal Ronggosukowati Pamekasan Sepi
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda